E satu.com (Cirebon) - Komisi III DPRD Kota Cirebon menerima ekspose rencana kerja anggaran (RKA) dari Dinas Pendidikan, di ruang rapat gedung DPRD, Selasa (10/11).

Dalam RKA untuk tahun 2021, anggaran belanja Dinas Pendidikan diperkirakan sebesar Rp337,5 miliar.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty mengatakan, proyeksi tersebut sebagian besar dialokasikan untuk belanja pegawai. Sehingga, kalkulasi belanja langsung untuk sektor pendidikan hanya tersisa sekitar Rp50-60 miliar.

“Kita memahami karena dalam posisi keterbatasan seperti sekarang ini, porsi APBD harus dibagi-bagi dengan kebutuhan lain yang mendesak,” ujar Tresnawaty.

Namun, Tresna mendorong agar Dinas Pendidikan lebih optimal dalam menyerap anggaran pada tahun depan. “Agar programnya terealisasi dengan baik, maka penyerapan anggaran juga harus optimal,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, H Irawan Wahyono MPd menjelaskan, dalam RKA yang dipaparkan terdapat 52 program dan kegiatan. Dengan total anggaran yang terencana sebesar Rp337,552 miliar.

Diakui Irawan, sebagian besar anggaran belanja di dinasnya teralokasikan untuk belanja pegawai. Sedangkan belanja langsung hanya sekitar Rp58 miliar.

“Karena dulu gaji dan tunjangan itu di BKD (Badan Keuangan Daerah, red), sekarang dengan pola yang baru, disediakan di dinas masing-masing,” katanya. (Naim)


Post A Comment:

0 comments: