E satu.com (Cirebon) -
Bertempat di Embung Sarwadi Desa Sarwadadi Kec. Talun Kabupaten Cirebon. Anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar yang dipimpin Pasi Ops Batalyon C Pelopor Iptu Abang Mulyana laksanakan latihan gabungan Sinergitas TNI-POLRI, Search and Rescue ( SAR ) pada Kamis, (25/03/2021).

"Iptu Abang Mulyana selaku Pasi Ops Yon C Pelopor menyampaikan bahwa, kegiatan latihan ini dilaksanakan guna meningkatkan sinergitas antara TNI-POLRI yang berada di wilayah Cirebon ini. Anggota Batalyon Arhanudse 14 PWY juga turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan hari ini", ujar Abang.

Di samping bentuk sinergitas antar satuan yang berada di wilayah cirebon, kegiatan ini merupakan salah satu sarana dan juga bentuk peningkatan kemampuan yang dimiliki oleh setiap personil nantinya, terlebih dengan cuaca extrem yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini. Hujan lebat yang terjadi sewaktu - waktu bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang maupun tanah longsor. Untuk itu pemeliharaan kemampuan SAR seperti ini wajib untuk dilaksanakan," ungkapnya.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono S.IK menyampaikan bahwa latihan gabungan sinergitas yang dilaksanakan ini adalah dalam rangka memelihara kemampuan satuan dan juga untuk menyamakan visi dan juga cara bertindak saat berada di lapangan nantinya saat melaksanakan tugas bersama", jelas Yuri.

Bencana alam baik itu banjir bandang, gempa bumi, maupun tanah longsor dan lain sebagainya bisa saja terjadi kapan pun dan di manapun terlebih dampak yang dihasilkan tentunya akan menimbulkan kerugian yang sangat besar baik itu materil maupun korban jiwa. Untuk itu kerja sama antar instansi khususnya TNI-POLRI haruslah solid dan searah serta sejalan. Penanganan bencana dan juga pasca bencana tentunya akan dilaksanakan secara bersama - sama sehingga itulah mengapa latihan seperti ini wajib untuk dilaksanakan," pungkasnya. (wnd)

Post A Comment:

0 comments: