E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah Desa (Pemdes) Astana, Kecamatan Gunung jati, Kabupaten Cirebon melakukan kegiatan penyemprotan lingkungan rumah warga, musholla Nurul Fatah RT 08 /RW 02 , dan juga musholla Al Barokah RT 14/ RW 04  dengan menggunakan cairan disinfektan, Selasa (30/3/21). Bahkan, tak hanya itu, pemdes Astana ini pun membagikan ratusan masker untuk masyarakatnya.

Kuwu Astana, Nuril Anwar, ST mengatakan, selain pemerintah desa, kegiatan tersebut juga dilakukan secara bersama-sama dengan lembaga desa, karang taruna, RT/RW, tokoh masyarakat, satgas Covid-19, ibu-ibu kader.

“Semuanya ikut serta untuk melaksanakan kegiatan penyemprotan ini yang sekaligus dibarengi dengan pembagian ratusan masker untuk masyarakat di Desa Astana. Pelaksanaanya itu dengan cara pembagian door to door sekaligus memberikan imbauan yang benar sesuai anjuran dari pemerintah dalam melawan dan menghadapi Covid-19” ujar Nuril Anwar kepada Juru Wartawan E satu.com di sela-sela kegiatan.

Menjelang datangnya bulan Ramadan, lanjut dia, pihaknya juga memberikan sosialisasi untuk pelaksanaan kegiatan Salat Tarawih dan kegiatan lainnya menunggu informasi atau anjuran dari pihak MUI dan tokoh-tokoh ulama setempat. 

“Kami pemerintah Desa Astana selalu menyampaikan kepada masyarakat bahwa untuk menghadapi dan melawan Covid-19 ini kita harus ikuti sesuai aturan, imbauan, dan anjuran dari pemerintah,” paparnya.

Bahkan, pihaknya juga telah mendirikan Posko Covid-19 Desa Astana. Tugas dari posko ini, kata Nuril Anwar, salahsatunya memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dalam menghadapi virus tersebut. Selain itu juga mendata masyarakat Desa Astana yang baru datang dari luar daerah dan memantau kesehatannya.

“Sekaligus memberikan penyuluhan untuk mengisolasi diri selama 14 hari ke depan sesuai anjuran pemerintah. Posko Covid-19 siaga buka 24 jam dengan melibatkan semua unsur kemasyarakatan yang piketnya dilakukan secara bergilir oleh satgas siaga Covid-19,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa Astana agar tetap tenang, jangan panik dan resah. “Kita ikuti anjuran dari pemerintah, yaitu jaga kesehatan, cuci tangan, hindari kerumunan, jaga jarak, dan kalau keluar rumah pakailah masker,” tutur Nuril Anwar.

Sementara itu, seorang warga desa setempat, Sarwono menilai, kegiatan yang dilakukan Pemdes Astana ini sangat bagus dan patut untuk diapresiasi. Pasalnya, lanjut dia, hal ini sebagai bukti bahwa pemdes setempat sangat tanggap dan bergerak cepat dalam menyikapi Covid-19 yang saat ini.

“Terus terang kami selaku warga masyarakat Desa Astana sangat mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa, termasuk kegiatan yang dilakukannya kali ini,” ujar Sarwono warga blok sangurara. (wnd)

Post A Comment:

0 comments: