AKB


E satu.com (Cirebon) -
Pemerintah Desa Keraton Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon mengadakan giat atau upacara adat desa Ngunjung Buyut dan Sedekah Bumi.

Sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan memperkuat tali silaturahmi.

Kuwu desa Keraton Muali mengatakan pada Awak Media E Satu Com, beberapa hari yang lalu bahwasannya kegiatan Ngunjung Buyut dan sedekah bumi adalah tradisi secara turun temurun yang terus dilestarikan masyarakat dilingkungan wilayah desa Keraton setiap tahun, katanya.

” Jangan sampai adat tradisi Ngunjung Buyut dan sedekah bumi yang merupakan warisan leluhur hilang makanya kita sebagai generasi penerus warisan harus bisa terus melestarikannya dan bahkan harus mengenalkan tradisi Ngunjung Buyut termasuk sedekah bumi ini kepada masyarakat dan generasi muda khususnya dilingkungan wilayah desa Keraton ” di Ngunjung Buyut termasuk diacara sedekah bumi Desa Keraton sangat kaya akan budaya yang didalamnya tersimpan makna yang luas ” tegasnya.


Disamping itu menurut Kuwu Muali tradisi Ngunjung Buyut dan sedekah bumi merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi masyarakat dilingkungan wilayah desa Keraton, mereka duduk berkumpul berdoa, tahlilan dan tawasulan, hal ini jelas akan semakin mempererat ukhuwah islamiyah dengan harapan akan tetap kuat jalinan persatuan dan kesatuan hubungan antara pemerintahan desa dengan warga masyarakat semakin erat ” warga dengan warga akan terjalin komunikasi yang baik dan semakin erat sehingga jalinan silaturahmi semakin kuat pula ” ucapnya.

Sedangkan untuk acara sedekah bumi maksud dan tujuannya adalah sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah SWT atas Rakmat serta limpahan hasil bumi termasuk untuk menyambut atau untuk memulai masa tanam dengan berharap hasil panennya melimpah dan bagus, imbuh Kuwu Keraton.

Acara Ngunjung Buyut dan sedekah bumi juga merupakan simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat dilingkungan wilayah desa Keraton kepada para leluhurnya, ujarnya.

Selain doa bersama, tahlilan dan tawasulan adanya pagelaran pentas seni budaya tradisional wayang dan InSya Allah kami laksanakan dengan penerapan kedisiplinan protokol kesehatan ” ini bukti bahwa dengan terlaksananya giat tradisi Ngunjung buyut dan sedekah bumi, kami Pemdes Keraton dan masyarakat dilingkungan wilayah desa Keraton merupakan masyarakat yang berbudaya dan agamis dengan tetap menjaga dan mempertahankan kearipan lokal dan warisan leluhur, terangnya.

Semoga kita semua diberi oleh Allah SWT kemudahan, kelancaran, keselamatan, kesehatan dan rezeki yang berlimpah serta dijauhkan dari bala atau musibah, desa Keraton semakin maju dan mandiri dengan masyarakat dilingkungan wilayah desa Keraton yang sejahtera ” pungkas Kuwu Muali yang juga Ketua FKKC Kabupaten Cirebon.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: