E satu.com (Cirebon) 
- Ribuan personel gabungan mulai hari ini disiagakan di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon yang akan berlangsung pada Minggu, 21 November 2021.

Mereka merupakan para personel dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Satpol PP, Linmas, dan lainnya. Rencananya, para personel bakal disiagakan hingga tahapan pemungutan suara selesai dilaksanakan.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, totalnya terdapat 3.963 personel yang dikerahkan untuk pengamanan proses pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon.

"Jumlah tersebut termasuk personel BKO dari Satbrimob Polda Jabar, Polres Indramayu, Polres Majalengka, dan Polres Kuningan," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, saat ditemui usai Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilwu Serentak 2021 Tahap Pemungutan Suara di Mapolresta Cirebon, Jumat (19/11/2021). 

Ia mengatakan, jumlah personel Polresta Cirebon yang dilibatkan dalam tahapan tersebut mencapai 1.296 orang, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon 165 personel, Satpol PP Kabupaten Cirebon 224 personel, dan 2.000 petugas Linmas.

Seluruh personel bakal dikerahkan untuk mengamankan proses pemungutan suara dalam Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Mereka akan ditempatkan di 1.000 TPS yang tersebar di 112 desa dan 34 kecamatan se-Kabupaten Cirebon.

"Kami pastikan seluruh personel telah siap untuk mengamankan tahapan pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Bahkan, mereka sudah bertugas dari tahapan awal pilwu sejak September 2021 lalu," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Pihaknya juga mengakui, Pilwu Serentak 2021 akan digelar di 135 desa se-Kabupaten Cirebon. Namun, dari jumlah tersebut hanya 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon. Sedangkan 23 desa lainnya berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

"Kami juga gencar mengadakan vaksinasi massal dalam rangka persiapan Pilwu Serentak yang berlangsung pada 21 November 2021. Vaksinasi ini diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Pihaknya pun sengaja memilih desa-desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa sebagai lokasi vaksinasi. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar pilwu.


Pasalnya, vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok di desa yang akan melaksanakan pilwu telah terbentuk. Sehingga gelaran Pilwu Serentak 2021 tidak berimbas pada peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon. (pgh)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top