E satu.com (Cirebon) - Panitia dan Satgas Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Cirebon, akhirnya dilantik. Pelantikan dilakukan langsung Bupati Cirebon, Imron, bertempat di ruang Paseban Pemkab Cirebon, Jumat (28/1/2022). Menurut Imron, PTSL merupakan program strategis nasional dalam membangun wilayah. Hal itu untuk mengurangi kesenjangan dan melakukan pemerataan.

"Saya berharap panitia dan satgas PTSL bekerja sesuai dengan aturan yang sudah ada," ungkap Imron.

Melalui program ini lanjut Imron, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Dengan demikian, bisa membangun data bidang tanah baru sekaligus menjaga kualitas yang ada. Ini supaya seluruh bidang-bidang tanah terdaftar dengan lengkap dan akurat.

"Program ini juga memudahkan pemerintah daerah untuk melakukan penataan kota dan pengembangan wilayah. Khususnya di Kabupaten Cirebon, harus berdasarkan roadmap PTSL. Ini kan tertuang dalam rencana strategis kementerian ATR/BPN," jelas Imron.


Bupati juga menyebutkan, rencana strategis kementerian ATR/BPN tersebut pada tahun 2025 meminta supaya seluruh bidang tanah di Indonesia dapat terpetakan dan terdaftar. Di Kabupaten Cirebon sendiri, saat ini baru sekitar 461.669 bidang tanah yang terdaftar. Atau baru sekitar 55,13 persen dari perkiraan bidang tanah yang ada.

"Kami akui pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan PTSL masih belum tercapai secara maksimal. Pada tahun kemarin targetnya lima puluh ribu bidang sertifikat hak atas tanah. Namun, kami hanya bisa merealisasi sebanyak duapuluh tiga ribu delapan ratus lima puluh satu saja.," ungkap Imron.

Imron menggambarkan, capaian PTSL di Kabupaten Cirebon masih relatif rendah. Sementara manfaat dari program tersebut masih belum bisa dirasakan oleh masyarakat secara utuh. Untuk itu, suksesnya pelaksanaan PTSL merupakan tanggung jawab bersama dan memerlukan sinergitas antara Pemkab Cirebon dan BPN.

"Saya memerintahkan kepada seluruh OPD, semua camat dan kuwu serta perangkat desa untuk senantiasa proaktif dan berkomitmen. Ini supaya pelaksanaan program PTSL tahun ini bisa sukses," pinta Imron.


Imron menambahkan, untuk tahun ini PTSL Kabupaten Cirebon dialokasikan dengan target sebanyak 40.000 bidang. Lokasinyapun telah ditetapkan oleh masing-masing kuwu dan perangkatnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top