E satu.com (Indramayu)
- Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan atau pembayaran pajak, objek pajak atau bukan objek pajak. Batas waktu pelaporan tepat waktu adalah paling lambat tanggal 31 Maret 2022 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April 2022 untuk Wajib Pajak Badan. 

Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Indramayu membuka gerai khusus untuk membantu para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu.

Bertajuk Pojok Pajak Lapor SPT, KPP Pratama membuka pelayanan bagi ASN di Kabupaten Indramayu. Bertempat di Pendopo Kabupaten Indramayu, Pojok Pajak Lapor SPT buka sejak tanggal 7-10 Maret 2022. Setelah itu, KPP Pratama Indamayu akan mengalihkan Pojok Pajak Lapor SPT ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu mulai tanggal 14-18 Maret 2022.

Demikian dikatakan Kepala KPP Pratama Indramayu Harianto Tarigan melalui Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Indramayu, Indra Satiya saat memantau jalannya pelayanan Pojok Pajak Lapor SPT di pendopo Indramayu pada Senin, 7/3/2022.

“Kami sengaja membuka pelayanan di Pendopo Indramayu yang nanti dilanjutkan ke BKD demi membantu ASN untuk mengisi SPT Tahunan,” ujar Indra.

Indra mengatakan, hal ini merupakan kebijakan KPP Pratama Indramayu yang sengaja dilakukan mengingat seringkali ASN mengalami kesulitan dalam mengisi SPT Tahunan. Tercatat hampir setiap tahunnya, KPP Pratama Indramayu selalui dipenuhi ASN yang kesulitan mengisi SPT Tahunan. Rata-rata karena lupa Electronic Filing Identification Number (EFIN), ganti e-mail, atau lupa password.

“Kebanyakan ASN mengalami kesulitan karena lupa e-mail, lupa password, atau lupa nomor EFIN,” lanjut Indra.


Diharapkan, lanjut Indra, dengan dibukanya gerai di Pendopo dan BKD Indramayu ini, KPP Pratama Indramayu tidak terlalu pemohon yang membutuhkan pelayanan mengingat masih dalam kondisi pademi Covid-19. Dengan dibukanya Pojok Pajak Lapor SPT di dua tempat ini diharapkan dapat membantu ASN mengisi dan melaporkan SPT Tahunan.

“Kami berharap ASN dapat terbantu mengisi dan melaporkan SPT Tahunan sebelum jatuh tempo pada 31 Maret mendatang,” pungkas Indra. (Iwan)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top