E satu.com (Cirebon)
-Jelang Rhamadhan 2022 Laskar Agung Macan Ali Nuswantara  Kasultanan Cirebon, menggagas kegiatan "Reresik Tajug" di lingkungan Masjid Wali Sang Cipta Rasa, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Senin (28/3/2022).

Panglima Tinggi LMA Prabu Diaz, mengartikan bahwa Reresik Tajug sama artinya dengan bersih-bersih lingkungan luar dan dalam masjid dan ini biasa dilakukan tiap tahun terutama jelang datangnya bulan suci ramadhan 1443 H yang hanya tinggal 6 hari lagi.

"Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran covid 19, walaupun Kota Cirebon sekarang ini sudah ada di level 3 dan memastikan fasilitas masjid dalam kondisi bersih dan suci juga mengenai sholat tarawih sudah diijinkan oleh pemerintah digelar di masjid," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati, hadir dalam acara reresik tajug. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan pengecatan dan bersih-bersih masjid ini, dalam bhakti sosial yang terdiri dari elemen masyarakat ada dari Laskar Macan Ali, TNI AL dan Polri, GM FKPPI, Taruna AMC, Pemuda Batak Bersatu Cirebon Raya dan lintas agama semua bersatu padu dalam untuk membersihkan masjid." Ucapnya.

Mamo sapaan Prabu Diaz, menjelaskan  berdasarkan kitab Wangsakerta yang dibuat oleh para wali sekitar abad ke 14, bahwasannya setiap menjelang bulan suci ramadhan semua umat muslim melakukan bersih-bersih tempat ibadah. Para wali mendirikan masjid untuk ibadah umat islam karena waktu itu belum ada masjid raya pada abad ke 14. Sunan Gunung Jati beserta Sunan Kalijaga dan beberapa wali lagi mendirikan  Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

"Karena diciptakannya dengan sebuah rasa nawaitu yang baik yaitu untuk kemaslahatan umat. Tradisi masyarakat Cirebon itu masjid sebagai central ibadah di Kota Cirebon dan kota-kota lainnya." Tukas Mamo.


Masjid Agung Sang Cipta Rasa kini menjadi kunjungan wisata religi terlebih di bulan ramadhan dibuka 24 jam, karena mempunyai kegiatan program tadarus 1 hari 1 juz membaca ayat suci Al-Qur'an.

"Memang disini bersih-bersih lingkungan masjid bahkan didalam masjid pun jadi salah satunya dengan melaudry karpet sebagai persiapan Marhaban Ya Ramadhan, karena masjid ini bakal didatangi masyarakat banyak baik dalam kota maupun luar Kota Cirebon." Katanya (pgh)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top