AKB


E satu.com (Indramayu)
- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar menghadiri launching detikjabar.com, di Theme Park Trans Studio Bandung Jawa Barat, Sabtu (26/3/2022).

Launching detikjabar.com ini diresmikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan mengangkat tema '"detik.com Lebih Dekat ke Jawa Barat" . Setelah sebelumnya dirilis di Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai upaya perjalanan regionalisasi yang dilakukan detik.com untuk mengepakkan sayap dalam rangka menyampaikan infomasi kepada masyarakat di masing-masing daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, peran interaktif kepala daerah dalam memberikan suatu kegiatan atau program terhadap masyarakat perlu disampaikan melalui media sosial.

"Pejabat sekarang harus aktif dalam media sosial. Media sosial digunakan untuk menyampaikan informasi yang menjadi kepentingan masyarakat baik memberikan agenda kegiatan setiap hari hingga berpengaruh terhadap edukasi masyarakat melalui postingan media sosial," katanya.

Kang Emil --sapaan akrab Gubernur Jawa Barat-- menyampaikan 4 saran bermedia sosial agar banyak dilihat oleh masyarakat. Yang pertama menyampaikan agenda, kedua memberikan klarifikasi terkait kondisional daerah, ketiga edukasi seperti contohnya penjelasan tentang Covid-19 dan terakhir humoris yang positif untuk masyarakat.

"Jadi pejabat itu dalam menggunakan media sosial 30 persen untuk lucu-lucuan dan 70 persennya untuk resmi-resmi. Saya lakukan itu yang komentar hampir 500 netizen," tambahnya.


Kang Emil berharap, dengan penduduk Jabar yang hampir 50 juta orang ini, kehadiran detikjabar.com menjadi yang terbesar di Jawa Barat dalam memberikan satu informasi yang mampu memberikan manfaat untuk masyarakat Jawa Barat.

"Dengan kehadirannya memang pusat bukan di Jakarta lagi, Ibu Kota pindah ke IKN, maka semua energi, dimensi-dimensi akan ke daerah lain. Jadi sudah betul detikcom besar di Jatim, Jateng dan Jabar. Maka diharapkan ada pergeseran terhadap ekonomi dan formasi. Mudah-mudahan dengan 50 juta penduduk Jabar maka detikjabar.com bisa salah satu terbesar di Jabar," harapannya.

Sementara itu Direktur Utama detikcom Abdul Aziz mengatakan, detikcom melakukan regionalisasi di sejumlah daerah sebelumnya di Jawa Tengah, Jawa Timur dan hari ini di Jawa Barat. Menurutnya, kehadiran detikjabar.com ini sebagai langkah konkret memberikan kontribusi terhadap pemerintah untuk mendekatkan diri menyampaikan informasi yang manfaat.

"detikjabar.com ini adalah salah satu pendekatan kami yang lebih luas dan lebih jauh kepada warga Jawa Barat. detikjabar.com akan menampilkan informasi daerah di Jawa Barat karena kita tahu betul penduduk Jabar ini terbanyak," katanya.

Dengan demikian diharapkan, masyarakat dalam mengakses  detikjabar.com dapat mudah dan semua penduduk Jawa Barat bisa memberikan masukan dan ide-ide segar untuk detikjabar.com.

Selanjutnya Pimpinan Redaksi Alfito Deannova menyampaikan, sebelum launching detikjabar.com dirinya mengunjungi sejumlah kepala daerah di Jawa Barat dan melihat banyak potensi yang luar biasa untuk diangkat sebagai infomasi.

"Selama saya berkunjung di setiap daerah di Jawa Barat, saya lihat penuh dan kaya akan potensi, misal di wilayah utara memiliki ciri khas sumber daya alam yang melimpah, begitu juga di wilayah selatan dan dekat Ibu kota di Bogor dan Bekasi," paparnya. 


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana menyebutkan, potensi sumber daya alam Indramayu yang melimpah bisa menjadi salah satu informasi penting dan positif untuk disampaikan detikjabar.com.

"detikjabar.com kehadirannya diharapkan mampu menyampaikan informasi terkait potensi unggulan Indramayu, baik itu pariwisata maupun potensi lokal lainnya agar bisa me-nasional dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi masyarakat," harapannya. (Iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top