E satu.com (Cirebon)
- Wisata religi Komplek pemakaman Syekh Maulana Dzatul kahfi ramai dikunjungi peziarah saat jelang Ramadhan, Jum'at Kliwon, dan beberapa hari besar Islam.

Cirebon dikenal sebagai kota wali. Sebutan ini dimaksudkan untuk menandakan bahwa di Cirebon awal berdirinya kesepakatan dari Wali Songo dalam menyebarkan Islam di Tanah Jawa dan beberapa daerah di luar pulau Jawa.

Salah satu jejak berdirinya perjalanan Wali Songo ialah Makam Syekh Maulana Dzatul kahfi. Letaknya di Pasambangan , kompleks makam gunung sembung, bukit gunung jati, Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Tidak sulit mencapai lokasi wisata religi pemakaman Syekh Maulana Dzatul kahfi. Dari kota Cirebon.

Di kompleks pemakaman Syekh Maulana Dzatul kahfi juga terdapat pemakaman Sunan Gunung Jati, salah seorang Wali Songo yang mendedikasikan hidupnya untuk menyebarkan ajaran Islam di kawasan Jawa barat. Dua pemakaman ini saling berseberangan, dibatasi oleh jalan raya. bila dari arah kota, kompleks pemakaman Syekh Maulana Dzatul kahfi berada di sebelah kanan, sementara kompleks makam Sunan Gunung Jati berada di sebelah kiri.


Berdasarkan pantauan awak media, Senin (28/3/22) penziarah mendatangi makam untuk mengirimkan doa kepada leluhur penyebar Islam tersebut. Dengan mendatangi langsung kompleks pemakaman, suasana doa akan semakin terasa lebih terasa khusyuk.

Penziarah atau pengunjung tidak dikenai biaya masuk, kecuali sumbangan atau infaq. Bahkan sebelum memasuki kompleks pemakaman, banyak pedagang bunga dan oleh oleh khas Gunung Jati Cirebon dapat ditemui di sepanjang pintu masuk. Bunga dan oleh oleh yang diperjualkan tersebut dapat digunakan penziarah atau pengunjung dengan harga yang terbilang murah.(wnd)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top