E satu.com (Cirebon) - Anggota DPRD Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan pembinaan tentang Wawasan Kebangsaan Ketahanan Nasional dan Ekonomi Pengembangan Pariwisata, Kuliner dan Ekonomi Kreatif ( Ekraf ) Kecamatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, selasa, (26/4/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas terkait potensi-potensi pariwisata termasuk pariwisata religius, berbagai macam kuliner serta ekonomi kreatif dan lain-lain.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka, menjelaskan pada Awak Media , bahwa mengenai program bicara dari turunan dari RJPMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang harus diselaraskan dengan kepentingan-kepentingan di daerah, khususnya di Kecamatan Talun.


Ada banyak potensi yang paling patut diapresiasi dan diperhatikan oleh pemerintah daerah, khususnya ekonomi kreatif, pariwisata, dan kuliner.

“ Sepanjang jalan Soekarno-Hatta sudah ada ikon-ikon kuliner, kemudian juga ada naik ke atas ( Sarwadadi ) itu adalah wisata alam yang bisa dipergunakan dan ini juga bisa menjadi geliat ekonomi lokal yang nantinya akan menopang ekonomi kemasyarakatan juga ” jelasnya.

Sementara itu, Camat Talun Kabupaten Cirebon, Drs. H. Abadi, M.Si, mengatakan untuk Kecamatan Talun sendiri telah memiliki konsep yaitu dengan pendekatan pariwisata yang termasuk di dalam nya ada kuliner dan ekraf.

Ada beberapa skala prioritas dalam hal pendekatan pariwisata di kawasan Talun, pertama adalah pusat wisata kuliner sepanjang jalan Soekarno, kedua adalah kawasan religi dengan trigelnya mbah kuwu sangkan di Cirebon Girang, ketiga adalah wisata alam.

“ Strateginya adalah harus ada kerjasama yang erat dari seluruh stakeholder, ada beberapa unsur, yang pertama adalah unsur pemerintah, kedua adalah unsur akademisi, ketiga adalah unsur dunia usaha, ke empat adalah unsur media, dan yang terakhir dari inti semua itu adalah masyarakat ” pungkasnya.(wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top