AKB


E satu.com (Cirebon)
- DPRD Kota Cirebon menyelenggarakan one day with citizen (ODWC), Sabtu (11/6/2022) malam, di halaman kantor DPRD Kota Cirebon.

Pada ODWC kali ini DPRD menggandeng para seniman karena sesuai dengan tema, yakni melestarikan seni dan budaya Cirebon.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd mengatakan dalam sambutannya, bahwa kegiatan ini sebagai upaya menyerap aspirasi dari masyarakat, utamanya terkait pelestarian seni dan budaya Cirebon.

“Cirebon memiilki seni dan budaya bernilai tinggi yang diwariskan para leluhur. Seperti tarling, tari topeng, sintren dan lainnya. Alhamdulillah sampai saat ini masih lestari,” kata Affiati.

Affiati menilai, seiring berjalannya waktu, seni pertunjukan rakyat mulai kurang peminatnya. Menyikapi hal tersebut, diperlukan koordinasi dan komitmen semua pihak.


“Sebagai masyarakat Cirebon tentunya kita harus peduli terhadap pelestarian seni dan budaya yang kita miliki,” ujarnya. Di antaranya dengan memberikan ruang terbuka bagi seni dan budaya.

Dengan begitu, sambung Affiati, nilai yang terkandung dalam seni dan budaya tetap luhur, serta dapat dilestarikan bersama. Hal ini penting, sebab seni dan budaya menggambarkan karakter daerah.

“Oleh karena itu kami berharap agar para seniman dan budayawan terus berinovasi dan berkreasi, serta melibatkan generasi muda,” tuturnya.


Pada kesempatan tersebut, tidak hanya menampilkan seni musik tarling, melainkan juga melibatkan UMKM Cirebon. Langkah ini sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi kreatif pascapandemi Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan itu, pimpinan dan anggota DPRD, sejumlah kepala perangkat daerah, seniman, kalangan milenial hingga masyarakat umum.(pgh)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top