AKB


E satu.com (Cirebon)
- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat menetapkan Desa Astana sebagai desa tangguh bencana atau destana tahun 2022.

Fasilitator BPBD Desa tangguh Bencana  kabupaten Cirebon, Asep Komarudin mengatakan desa tangguh bencana tahun ini Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Senin (26/9/22)

Desa Astana ini memang masuk wilayah rawan bencana," katanya 

Asep k mengatakan pembentukan desa tangguh bencana merupakan upaya strategis pemerintah daerah untuk meminimalisir dampak bencana yang terjadi di wilayah atau desa yang masuk kategori rawan bencana.


" Kita akan terus kembangkan dan membentuk Destana di Desa Astana khususnya daerah rawan bencana guna meminimalisir risiko saat terjadi bencana seperti banjir, kebakaran dan tanah longsor," ucapnya.

Menurut dia konsep pembentukan desa tangguh bencana ini menitikberatkan pada bagaimana cara menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.

" Tujuannya agar masyarakat sadar akan bencana dan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi serta siap menghadapi potensi ancaman bencana," ujarnya.


Kuwu Desa Astana, Efi Syaefullah mengatakan, para relawan destana Desa Astana akan mengikuti pelatihan selama lima hari ke depan. Ia berharap, nantinya para relawan itu menjadi garda terdepan dalam penanganan kebencanaan di desanya.

" Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena pembentukan Destana di desa kami dapat terlaksana dan difasilitasi langsung BPBD kabupaten Cirebon," kata Kuwu Desa Astana, Efi Syaefullah.(wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top