AKB

cukai

cukai juga


E satu.com (Cirebon) -
  Acara Mapag Sri menjadi  adat istiadat yang sampai sekarang masih dilestarikan masyarakat petani di desa Luwung Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, acara Mapag Sri dilaksanakan di Kantor Desa Luwung dan dihadiri oleh Camat Mundu H.Anwar Sadat, serta Muspika Desa.

Desa Luwung mempertahankan adat istiadat leluhurnya yaitu salah satunya Mapag Sri yang mulai kembali digelar setelah terhalang virus covid 19 di Desa Luwung Kecamatan Mundu, Kabupaten Minggu pagi  (25/09/2022).


Digelarnya acara Mapag Sri ini untuk menghormati budaya leluhur kita yang selama ini sudah berjalan secara turun menurun, sekaligus menjadi penanda bahwa masyarakat siap melaksanakan panen raya.


Kuwu Desa Luwung Tajudin  mengatakan, acara adat Mapag Sri rutin digelar setiap tahun dan untuk menjungjung tinggi budaya leluhur yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Acara Mapag Sri dapat diartikan sebagai acara adat dalam menjemput padi atau menyambut panen. Acara adat satu ini bahkan memiliki makna mendalam bagi para petani, ujar Kuwu mengakhiri pembicaraannya. (uki)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top