AKB



E satu.com (Cirebon)
- Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Ronianto menghadiri kegiatan selebrasi dan pekan kreatifitas siswa semester ganjil tahun pelajaran 2022 di SMPN 1 Kedawung, senin ( 10/10/22 )

Bupati Cirebon H. Imron sangat mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan selebrasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) karena kita sebagai warga negara tentunya harus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Pancasila sebagai dasar dan Idiologi Negara, jadi harus ditanamkan sejak kecil agar peserta didik cinta terhadap negaranya dan idiologi negara " ini juga sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara " ucapnya pada awak media serta tim Diskominfo dan Humas Kabupaten Cirebon.

" Pancasila merupakan dasar dan idiologi negara kita yang dapat membangun kemajuan bangsa Indonesia salah satunya dengan membangun nilai nilai budaya kearifan lokal " tegasnya.

Sebagai Bupati Cirebon saya berharap dan meminta agar program P5 ini dikembangkan salah satunya di SMPN 1 Kedawung termasuk juga harus diterapkan disekolah sekolah lain khususnya SMP agar anak anak didik kita kedepan tidak terpengaruh dengan budaya lain akibat kemajuan zaman " tutup Bupati Cirebon H. Imron.

Kepala SMPN 1 Kedawung Hj. Yeni Suryani K, S. Pd,M.M, menjelaskan bahwa didalam kurikulum merdeka itu ada materi P5 " P5 itu adalah salah satu materi intrakurikuler dari seluruh jumlah pelajaran dan hanya 25 persen, P5 ini satu project diantara minimal 3 project setiap sekolah dalam 1 tahun, untuk di SMPN 1 Kedawung, project pertamanya adalah pengenalan budaya kearifan lokal yang semua siswa dibimbing oleh semua guru kelas 7 " jelasnya.

" Kegiatan P5 ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan karakter siswa - siswi agar bisa mandiri dan berinovasi, siswa mempunyai rasa tanggung jawab, selebrasi yang dipertunjukan pada hari ini untuk belajar mengenal budaya di lingkungan dan dengan kurikulum merdeka ada juga kegiatan pekan kreativitas siswa untuk menggali potensi dan bakat anak-anak dengan berbagai mata pelajaran " ungkapnya.

Saya sebagai Kepala SMPN 1 Kedawung berharap dengan kegiatan ini dapat mengeksplorasi anak-anak untuk mengenal budaya yang ada di sekitar serta dapat menggali potensi dan bakatnya, semoga anak-anak kita menjadi anak-anak yang mempunyai profil pelajar Pancasila yang berkarakter sehingga generasi emas itu dapat terbentuk dari sekarang dan untuk kedepannya, In Syaah Allah kita akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk program literasi, satu anak membaca satu buku, harap Hj. Yeni Suryani.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Ronianto mengatakan bahwa kegiatan P5 ini merupakan salah satu implementasi kurikulum merdeka yang harus dilakukan di seluruh sekolah di Kabupaten Cirebon " saya berharap setelah kegiatan ini peserta didik akan lebih berpotensi untuk bisa mengembangkan diri, mengembangkan keterampilan serta mengembangkan kesenian dan lebih kreatif lagi " pintanya.

Peserta didik tidak hanya pada kegiatan-kegiatan pengetahuan saja tetapi keterampilan dan kecerdasan berpikir serta kecerdasan intelektualnya harus bisa berjalan dengan baik " setiap daerah mempunyai kearifan lokal sendiri jadi harus bisa dikembangkan termasuk budaya lokalnya " tandasnya.

" Kurikulum merdeka ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkreasi lebih luas, tidak hanya berputar pada pengetahuan saja di kelas dengan belajar tetapi hasil pelajaran yang dikelas itu harus dikembangkan menjadi sebuah projects yang harus dipamerkan ke seluruh siswa yang ada di sekolah tersebut " pungkas Kadisdik Kabupaten Cirebon H. Ronianto. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top