AKB


E satu.com (Cirebon)
- Puluhan penerima manfaat program sanitasi didesa Weru Kidul diberikan pelatihan bagaimana cara merawat dan memelihara bio septictank agar tetap awet dan tahan lama.

KSM Maju Bersama desa Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon menyelenggarakan kegiatan pelatihan teknis pemeliharaan bio septic tank di ruang pertemuan desa setempat, rabu (19/10/22).

Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Sugeng mengatakan pada Awak Media, bahwa kegiatan yang diselenggarakan merupakan salah satu program KSM Maju Bersama desa Weru Kidul dan pada hari ini dengan sasaran para penerima manfaat program sanitasi " kegiatan diawali dengan sosialisasi kemudian diberikan materi pelatihan teknis pemeliharaan bio septictank yakni pelatihan operasional kemudian bagaimana cara pemeliharaan " katanya.

Jika perawatan berkala tidak dilakukan maka racun maupun subtansi anti bakteri akan menghancurkan penggunaan limbah dan lebih buruk lagi limbah bisa meluap sehingga apa yang seharusnya berada didalam septictank malah keluar ditoilet dan saluran air, jika luapan terbuang diluar maka bisa mencemarkan air tanah " luapan kotoran atau tinja bisa membawa bakteri dan penyakit, selain itu menumpuknya gas metana dan gas gas lainnya dalam septictank juga berbahaya baik untuk kesehatan dan keselamatan " ucap Sugeng.

Selama ini orang mengenal septictank termasuk bio septictank sebagai tempat penampungan tinja namun yang sebenarnya septictank termasuk bio septictank merupakan tangki sedimentasi bawah air yang digunakan untuk pengelolaan air limbah, seiring berjalannya waktu lapisan endapan tinja akan menumpuk, jadi endapan tinja tersebut harus dikeluarkan secara berkala, tegasnya.

Keberadaan septictank harus benar benar diperhatikan dan jangan masukan atau membuang benda yang tidak bisa terurai oleh bakteri pengurai misalnya batu, plastik, pampres, puntung rokok, kertas dan plastik shampo " septictank atau bio septictank hanya bisa menghancurkan tinja menjadi cair " terangnya.

Semoga pelatihan teknis pemeliharaan bio septictank ini bisa memberikan manfaat, mereka bisa mengerti dan paham bagaimana cara dan langkah langkah dalam merawat bio septictank agar awet dan tahan lama, ujarnya.

Menurut Sugeng, program kegiatan pelatihan teknis pemeliharaan bio septictank bertujuan agar masyarakat dan khususnya para penerima manfaat paham dan mengerti, Alhamdulillah mendapat respon positif, terbukti dan terlihat para peserta antusias mengikuti pemaparan materi " tutupnya.

Sementara itu Ketua KSM Maju Bersama desa Weru Kidul, Suryadi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga fasilitator lapangan termasuk juga kepada para penerima manfaat program sanitasi " banyak orang yang begitu tidak memikirkan masalah sanitasi atau pembuangan dirumah, hanya membuat septictank lalu tanpa dilakukan perawatan sama sekali padahal masalah sanitasi merupakan hal yang sangat penting, jika dibuang begitu saja bisa membuat air tanah tercemar " ungkapnya.

" Mudah mudahan kegiatan pelatihan teknis pemeliharaan bio septictank yang digelar pada hari ini bermanfaat untuk kita semua dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan " pungkasnya. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top