BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang


E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah Desa Geyongan Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon, rabu ( 12/10/22 ) menggelar tradisi adat desa sedekah bumi yang merupakan warisan nenek moyang atau leluhur.

Beragam cara dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan melestarikan tradisi adat desa.

Ditemui Awak Media, Kuwu desa Geyongan Hery Suyatno menjelaskan bahwasannya Pemerintah Desa Geyongan setiap setahun sekali tetap melestarikan tradisi adat desa sedekah bumi " tradisi turun temurun ini merupakan kegiatan warga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT " jelasnya.

Alhamdulillah, pada kegiatan acara adat desa sedekah bumi pada tahun ini, seperti biasa ada tahlil, doa bersama, pertunjukan wayang baik siang dan malam " In Syaah Allah sebagai bentuk menjaga kelestarian bumi, kita, nanti akan melaksanakan kegiatan penghijauan atau penanaman berbagai jenis tanaman dan pohon serta kita juga melaksanakan kegiatan lomba kebersihan, pemenangnya akan kita berikan reward " tegasnya.

Saya sebagai kuwu bersama perangkat desa serta masyarakat wilayah desa Geyongan, tetap semangat dan antusias melaksanakan tradisi adat desa sedekah bumi dengan semangat kebersamaan " kami pemerintah desa hanya menjalankan dan meneruskan adat tradisi desa ini, mau tidak mau, apapun bentuknya tetap mengikuti dan melaksakannya adat tradisi desa " ucap kuwu Hery Suyatno.

Menurutnya, diacara ini juga, kami memanjatkan doa kepada Allah SWT, ini sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT, terlihat masyarakat wilayah desa Geyongan secara bergotong royong, penuh kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan, mereka memberikan rezekinya untuk lancar dan suksesnya adat desa sedekah bumi desa Geyongan " mudah mudahan masyarakat desa Geyongan sejahtera, serba kecukupan, tidak kurang sandang dan pangan kemudian hidup selamat dalam lindungan Allah SWT " ungkapnya.

" Semoga tradisi adat desa sedekah bumi ini memberikan manfaat bagi semua masyarakat atau warga khususnya masyarakat atau warga desa Geyongan, saya berharap agar kita semua diberi kenikmatan, selamat dunia dan akherat serta diberi kemudahan sehingga bisa mendapatkan rezeki melimpah yang berkah " pinta Kuwu Hery Suyatno.

Kami, pemerintah desa Geyongan akan tetap menjaga dan melestarikan adat tradisi salah satunya adat desa sedekah bumi " mari kita semua khususnya warga masyarakat desa Geyongan untuk tetap melestarikan budaya atau adat istiadat desa yang merupakan salah satu warisan nenek moyang atau leluhur dan saya berharap agar kita semua selalu ingat kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT " pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top