AKB



E satu.com (Cirebon)
- Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke - 58, Puskesmas Sindangjawa, Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Pemerintah Desa (Pemdes) Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon dan Karang Taruna mengadakan gebyar senam bersama, makan buah bersama, pemeriksaan gula darah sewaktu dan donor darah sekaligus mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari prilaku buang air besar disembarang tempat.

Deklarasi ini akan membiasakan masyarakat agar terbiasa dalam menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bertempat di halaman balai kantor desa Cisaat, Sabtu (12/11/22).

Tampak hadir perwakilan kecamatan Dukupuntang, Kapolsek Dukupuntang AKP Afandi, SH.,MH, perwakilan Koramil 2013 sumber, Kepala Puskesmas Sindangjawa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Eti Entin Efwanira, SKM.,M.Kes, Kuwu desa Cisaat Sukarna, para dilingkungan wilayah kerja Puskesmas Sindangjawa, perangkat desa, PKK desa dilingkungan wilayah kerja Puskesmas Sindangjawa dan tamu undangan lainnya serta masyarakat wilayah desa Cisaat.

Dalam pertemuannya dengan Awak Media, Senin (14/11/22) Kuwu desa Cisaat Sukarna menjelaskan bahwa Open Defecation Free (ODF) atau yang biasa disebut stop buang air besar sembarangan merupakan salah satu bagian tindakan gerakan masyarakat hidup sehat (Gemas) yang gencar diupayakan oleh pemerintah kabupaten Cirebon termasuk oleh Dinas kesehatan sebagai salah satu program dibidang kesehatan, jelasnya.

" Deklarasi ODF desa Cisaat yang dilaksanakan pada hari ini adalah salah satu bentuk komitmen pemdes Cisaat dalam mencapai derajat kesehatan yang baik dengan merubah perilaku dan kebiasaan buruk untuk mencapai wilayah desa Cisaat yang sehat, dengan deklarasi ODF, In Syaah Allah nantinya dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk kepentingan kesehatan masyarakat wilayah desa Cisaat " tegasnya.

Menurut, Kuwu Sukarna dampak buang air besar sembarangan cukup besar selain mengotori lingkungan juga dapat menjadi sumber penyebaran penyakit " digelarnya deklarasi ODF desa Cisaat, semoga memberi semangat kepada masyarakat untuk terus meningkatkan PHBS dan diharapkan derajat kesehatan masyarakat wilayah desa Cisaat meningkat " pinta Kuwu Sukarna.


Stop buang air besar sembarangan atau tidak buang air sembarangan adalah bagian dalam rangka menciptakan lingkungan wilayah yang sehat dan mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat didesa Cisaat, katanya.

" Dengan adanya deklarasi ODF desa Cisaat, saya sebagai Kuwu desa Cisaat berharap tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan dan saya menghimbau kepada masyarakat wilayah desa Cisaat agar tetap memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan diri sendiri, keluarga dan kesehatan masyarakat, pungkasnya. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top