E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah desa (Pemdes) Danawinangun Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon menggelar sedekah bumi dan pertunjukan wayang kulit, pentas seni ruwatan, Minggu (6/11/22).

Kegiatan sedekah bumi yang dipimpin langsung kuwu desa Danawinangun Maman Sukarman dilaksanakan di halaman kantor desa Danawinangun dengan pertunjukan wayang kulit dan bersama perangkat desa, RT, RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta yang lainnya antusias mengikuti ruwatan kantor desa hingga keperbatasan desa.

Dengan menggelar pentas seni diantaranya angklung, tari topeng, sintren, berokan dan sekar pusaka.

Dihubungi melalui Hp serta WhatsApp oleh  Awak Media, Senin (7/11/22) Kuwu desa Danawinangun Maman Sukarman menjelaskan, untuk lebih memeriahkan acara sedekah bumi, Pemdes Danawinangun menggelar sejumlah kegiatan diantaranya pertunjukan wayang kulit, ruwatan kantor desa dan pergelaran pentas seni, jelasnya.

" Alhamdulillah saya sebagai kuwu desa Danawinangun sangat bersyukur kepada Allah SWT dan bangga sebab perangkat desa maupun berbagai pihak, unsur dan elemen serta masyarakat wilayah desa Danawinangun sangat antusias mengikuti kegiatan acara sedekah bumi, jelas ini adalah bukti kuatnya persatuan dan kesatuan di desa Danawinangun " katanya.

Saya sebagai Kuwu desa Danawinangun berharap kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi adat desa turun temurun terus dilestarikan khususnya oleh para generasi penerus dan dilaksanakan setiap tahun " acara sedekah bumi bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan serta semakin kuatnya tali silaturahmi dan persaudaraan " kata kuwu Maman Sukarman.

Sedekah bumi harus jadi momentum ucapan rasa syukur kepada Allah SWT, saya mengucapkan terima kasih kepada perangkat desa, berbagai pihak, unsur dan elemen serta masyarakat wilayah desa Danawinangun atas kehadirannya di kegiatan sedekah bumi desa Danawinangun " semoga kita semua tetap sehat serta mendapatkan perlindungan, keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT " ucapnya.

Mudah mudahan acara sedekah bumi desa Danawinangun terus bisa dilakukan dan juga bisa membawa manfaat bagi masyarakat desa Danawinangun " tetap jaga dan pertahankan kekompakan serta kebersamaan, semoga dengan semangat kekompakan dan kebersamaan yang sudah terjalin di desa Danawinangun dapat menjadikan desa Danawinangun lebih maju dan masyarakatnya sejahtera serta penuh keberkahan " tegas Kuwu Maman Sukarman.

Kita harus bersyukur atas segala karunia dan rejeki yang diberikan oleh Allah SWT, adat tradisi desa salah satunya sedekah bumi juga mempunyai nilai akan pesan moral kehidupan bagi manusia " dengan berkumpul melalui acara sedekah bumi dapat meningkatkan silaturahmi dan menjaga Ukhuwah Islamiyah " pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top