AKB



E satu.com (Cirebon)
– RW 05 Kedungkrisik Utara, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon tengah mengikuti lomba Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Jawa Barat. 

RW 05 Kedungkrisik Utara mewakili Kota Cirebon karena dinilai berhasil meningkatkan perekonomian keluarga binaan melalui program-program dari Pemda Kota Cirebon. Di samping itu juga berhasil mengembangkan potensi yang ada di daerahnya.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati mengatakan, program P2WKSS melibatkan perangkat daerah terkait. Masing-masing perangkat daerah mengintervensi langsung keluarga binaan. Intervensi dalam bentuk program, bantuan dan pelatihan. 

“Kami melihat keluarga binaan berhasil meningkatkan perekonomian dari program yang digulirkan pemerintah,” kata Eti usai penutupan kegiatan P2WKSS di Baperkam RW setempat, Selasa (15/11/2022).

RW 05 Kedungkrisik Utara Ikuti Lomba P2WKSS tingkat Jawa BaratRW 05 Kedungkrisik Utara Ikuti Lomba P2WKSS tingkat Jawa Barat


Program warga binaan yang telah sukses di antaranya, Kawasan Kampung Pangan Lestari dan Hijau (KPLH) Sedulur di RW 05 Kedungkrisik Utara. KPLH ini telah berhasil memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

“KPLH Sedulur menanam cabai dan sayuran. Hasilnya dijual ke masyarakat dan pendapatan untuk anggota,” katanya.

Bentuk intervensi yang lain dengan menggulirkan program pengentasan rutilahu dan pendampingan bagi keluarga binaan yang memiliki anak. Dua program tersebut berhasil memperbaiki kehidupan keluarga binaan.

“Pemerintah akan terus melakukan intervensi bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan program-program unggulan,” tutur Eti. 


Sementara itu, Camat Harjamukti, R. Yuki Maulana Hidayat, S.STP., mengatakan, ada 100 kepala keluarga yang dibina dalam program P2WKSS. Mereka diajarkan menerapkan perilaku hidup bersih, pelatihan bercocok tanam dan pola asuh anak. 

“Kami lakukan pembinaan sejak awal tahun 2022 dan hasilnya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat di RW 05 Kedungkrisik Utara,” kata Yuki. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top