AKB



E satu.com (Cianjur)
- Gempa bumi dengan getaran 5,6 magnitudo (M) terjadi di Kabupaten Cianjur. Guncangan gempa terasa di sejumlah daerah di Jawa Barat, berdasarkan info dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut guncangan terasa di Cianjur, Garut, Sukabumi, Cimahi, Lembang, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang Selatan, Tangerang, dan DKI Jakarta.

Gempa ini berpusat di 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer.

Dari kejadian gempa tersebut diperkirakan ratusan rumah di wilayah Kabupaten Cianjur maupun kota Cianjur mengalami rusak berat, selain itu juga ada beberapa wilayah yang terjadi longsor dan terdapat korban jiwa maupun korban luka-luka akibat tertimpa reruntuhan.

Dengan adanya bencana ini Satuan Brimob Polda Jabar menerjunkan kurang lebih 4 Kompi disetiap Batalyon nya untuk membantu mengevakuasi korban yang tertimpa bencana Gempa Bumi yang berada di Kabupaten Cianjur.

Semua peralatan SAR yang dimiliki oleh Satuan Brimob Polda Jabar pun ikut di turunkan seperti tenda darurat, mobil dapur lapangan, mobil toilet dan perlengkapan maupun kendaraan lainnya yang nantinya bisa membantu para masyarakat yang tertimpa bencana.

Di Posko Kab. Cianjur Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, mengatakan bahwa, saat ini seluruh jajaran Sat Brimob Polda Jabar diturunkan untuk melaksanakan evakuasi warga masyarakat yang terkena dampak dari gempa bumi di Cianjur.


"Selain personil kami juga menurunkan segala perlengkapan maupun kendaraan yang nantinya dapat membantu warga maupun masyarakat yang menjadi korban bencana tersebut," katanya.

Pada hari ini juga, lanjutnya, Brimob memfokuskan pencarian korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan, longsoran tanah dan fokus mencari korban dengan  membersihkan material - material longsor.

"Saya juga mulai membagi anggota dengan tujuan agar disetiap wilayah yang sangat terdampak akibat bencana gempa dapat terpetakan dan dapat segera tertolong," kata Yuri Karsono.

"Tentu kami akan bekerja semaksimal mungkin membantu warga yang terdampak gempa sesuai dengan motto kami Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan," tutup Yuri Karsono. (Heri)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top