AKB

cukai

cukai juga


E satu.com (Cirebon)
- Komisi I DPRD Kota Cirebon bersama Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon berencana menjajaki kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Memorandum of Agreement (MoA).

Hal itu terungkap dalam rapat kerja Komisi I bersama UGJ, di Griya Sawala gedung DPRD, Rabu (7/12/2022). Keberadaan universitas di Kota Cirebon itu dinilai perlu dilibatkan dalam pembangunan daerah.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH mengatakan, UGJ perlu dilibatkan untuk mendukung kerja-kerja pemerintahan, salah satunya lembaga DPRD. Ke depan, DPRD akan berkolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.


“Kami baru tahu, ternyata selain membangun kerja sama mengikat dengan Pemda Kota Cirebon, UGJ sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perangkat daerah melalui MoA,” ujarnya usai rapat.

Rencananya, program kerja sama DPRD Kota Cirebon dengan UGJ meliputi kajian-kajian yang bisa mendukung kinerja DPRD, kegiatan penelitian yang mendukung pembangunan Kota Cirebon, termasuk agenda bimbingan teknis (bimtek) anggota DPRD yang selama ini dikerjakan universitas di luar Cirebon.

“Besok-besok bimtek bisa melibatkan UGJ atau kampus-kampus lain yang ada di Cirebon,” kata Dani.

Sementara itu, Plh Wakil Rektor IV UGJ Cirebon, Dr Cita Dwi Rosita MPd menyambut baik rencana DPRD Kota Cirebon membangun kerja sama dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Menurutnya, banyak program yang bisa dikerjasamakan ke depan. Akan tetapi, perlu ada MoA antara UGJ dengan DPRD sebagai payung hukum kerja sama.


Cita menjelaskan, rencana kerja sama dengan DPRD Kota Cirebon itu meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. Adanya rencana kerja sama ini, UGJ diharapkan dapat kontribusi lebih mengisi pembangunan di Kota Cirebon. Sebab, selama ini rencana kerja sama antara kampus dengan pemerintahan berdasarkan usulan kebutuhan.

“Selanjutnya, kami menunggu surat dari DPRD Kota Cirebon untuk usulan kerja sama dengan UGJ seperti apa,” katanya. (pgh)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top