AKB

cukai

cukai juga


E satu.com (Cirebon)
- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon  telah menetapkan masa angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2023 selama 18 hari, mulai 22 Desember 2022 sampai   8 Januari 2023. Guna memastikan kesiapan personel, Daop 3 Cirebon  melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Nataru 2022/2023 di halaman Parkir Stasiun Cirebon.

Vice Presiden Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso, Kamis (22/12) menyampaikan Kegiatan ini diikuti seluruh pekerja Kantor Daop 3, perwakilan dari posko-posko di stasiun, petugas pengamanan dari unsur internal KAI yakni Polsuska dan security, serta bantuan eksternal yaitu TNI, Polri serta petugas tambahan/relawan dari masyarakat Customer Service Mobile dan Komunitas Pencinta Kereta Api (RF) IRPS Korwil Cirebon, Komunitas Edan Sepur Cirebon dan RF KRD3.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan seluruh personel pengamanan angkutan Nataru 2022/2023 yang akan bertugas mulai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023,” Ujar Takdir Santoso.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, KAI Daerah Operasi 3 Cirebon  menyiapkan personel keamanan yang terdiri dari personel Polsuska 94, personel security 105, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri 32.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, seperti dipo lokomotif dan kereta, dengan total petugas 231 orang. Serta tetap menjalin komunikasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA.

Pada bidang pelayanan, PT KAI Daop 3 Cirebon menambah petugas “customer service mobile” (CSM) untuk melayani para pengguna jasa di Stasiun selama masa angkutan Natal 2022 dan tahun baru 2023, untuk mempermudah pelanggan petugas CSM ditempatkan di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. Selain petugas CSM ada juga petugas Posko bantuan Komunitas Pecinta Kereta Api (RF) Railfans IRPS Korwil Cirebon dan KRD3  dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang.

Untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes. Serta koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat.

Mengantisipasi datangnya musim hujan dan cuaca extrim yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2022/2023, PT KAI Daop 3 Cirebon  meminimalisir potensi bahaya akibat bencana yang mungkin dapat mengganggu perjalanan KA diantaranya dengan melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah, membuang lumpur keluar Rumija, perkuatan penahan tanah pada lokasi rawan amblas dengan retaining wall maupun bronjong serta penempatan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di 17 titik yaitu di Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan,  dan Songgom juga menyiapkan petugas penilik jalan (PPJ) ekstra 45 orang, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra 10 orang, dan 12 orang petugas posko daerah rawan ekstra pada 6 titik 10 lokasi. Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

Vice Presiden Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso menyampaikan Selama Masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menyiapkan Armada Sarana yang handal baik lokomotif dan Kereta, Untuk Lokomotif Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 Lokomotif seri CC 201 dan 206 sedangkan untuk kereta menyiapkan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, 2 Trainset untuk KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember dan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon tambahan relasi Ciebon-Gambir. 


PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon menyediakan 82.422 tempat duduk selama masa angkutan Natal dan tahun baru 2023 keberangkatan dari Stasiiun wilayah Daop 3 Cirebon tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jember. Untuk Tujuan Jakarta dengan kereta api Argo Cheribon terdapat 41.994 tempat duduk, tujuan Jawa Timur dan Jember dengan KA Ranggajati terdapat 9.108 tempat duduk sedangkan tujuan Jawa Tengah dengan KA Kaligung sebanyak 32.320 tempat duduk.  Diperkirakan tanggal 24 Desember 2022 puncak kedatangan masyarakat dan 1 Januari 2023 akan menjadi puncak masyarakat akan menggunakan jasa kereta api. Sedang persiapan kereta api (KA), selama angkutan Nataru di wilayah Daop3 Cirebon, akan ada perjalanan 155 KA, dengan rincian KA reguler sebanyak 87 KA, KA tambahan Nataru sebanyak 30 KA, dan KA barang sebanyak 38 KA.” KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, dan saat ini tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia. Pada masa Nataru ini, KAI menjual tiket mulai H-45 Keberangkatan” Ujar Takdir Santoso.

KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal/Aglomerasi sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementrian Kesehatan Nomor HK.02.02/11/3984//2022 tentang kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun baru 2023. 
Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (pgh)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top