BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) - Danrem 063/Sunan Gunung Jati  Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P,. M.Han meresmikan  renovasi dan pembangunan Mushollah Al Ikhlas dan Pembagian Sembako kepada masyarakat sekitar di Desa  Japurabakti Kec. Astanajapura Kab. Cirebon, Jum’at (13/1/2023)

Setelah meresmikan  renovasi dan pembangunan Mushollah Al Ikhlas Desa  Japurabakti Kec. Astanajapura Kab. Cirebon Danrem 063/Sunan Gunung Jati  Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P,. M.Han melanjutkan kegiatannya dengan melaksanakan peletakan batu pertama renovasi bangunan kantor Koramil 1404/Kejaksan dan meninjau renovasi kantor Koramil 1403/Lemahwungkuk Kodim 0614/Kota Cirebon.  

Danrem 063/Sunan Gunung Jati  Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P,. M.Han menyampaikan Dengan mengucap puji syukur kepada Alloh SWT telah diselesaikannya  renovasi dan pembangunan Mushollah Al Ikhlas Desa  Japurabakti Kec. Astanajapura Kab. Cirebon, sebagaimana kita ketahui bersama. Mushollah bukan hanya sebagai   tempat    menunaikan    ibadah  shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.  Bahkan mushollah pada masa Rasulullah, disamping digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga  menjadi pusat pemberdayaan masyarakat. Dimasa Syeh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati ada ajaran yang masih dijaga dan diamalkan oleh keturunan dan masyarakat Cirebon yaitu "Ingsun Titip Tajug lan Fakir Miskin" Secara harfiah arti dari wasiat tersebut ialah “Saya titip tajug (sejenis musala atau langgar yang digunakan untuk mengaji) dan fakir miskin”. Lewat wasiat tersebut, Sunan Gunung Jati mengajarkan kita untuk saling menjaga rumah ibadah atau tempat belajar mengaji dan sejenisnya.


Danrem 063/Sunan Gunung Jati  Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P,. M.Han menambahkan bahwa Koramil merupakan bagian penting dari kerangka strategi konseptual dari tugas TNI AD di bidang pertahanan darat. Koramil berfungsi sebagai ujung tombak pembinaan perlawanan rakyat, untuk mendukung ketahanan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Renovasi Koramil ini sudah sesuai dari substansi dari isi regulasi tersebut sudah jelas mengatur bahwa ada ruang dan wilayah tertentu dinyatakan sebagai wilayah strategis pertahanan, dan pelaksanaan penataan wilayah pertahanan ini dilakukan secara terintegrasi dengan tata ruang nasional, tata ruang provinsi dan tata ruang Kabupaten/Kota, dimana Wilayah pertahanan ditetapkan dengan memperhatikan fungsi pertahanan dan kepentingan daerah.


Tampak hadir pada giat tersebut, Dandim/0614 Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah, Kasi Ops Rem 063/Sunan Gunung Jati Letkol Inf Ertiko CH, Kasi Ren Rem 063/Sunan Gunung Jati Letkol Inf Ignasius, Kasdim 0614/Kota Cirebon Mayor Inf Saepulah, Pasi Ren Rem 063/Sgj Mayor Arh Dul Kadir, Muspika Kec. Kejaksan Kota Cirebon dan seluruh Perwira Jajaran Kodim 0614/Kota Cirebon dan Tamu Undangan lainnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top