E satu.com (Cirebon)
- Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tanggap bencana Jawa barat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon dan para anggota Destana Desa Sarabau serta Desa Gamel termasuk Kuwu desa Sarabau Akhmad Dandon dan PAW Kuwu desa Gamel Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan bersih - bersih sampah menumpuk di sungai Cikenanga Sarabau - Gamel beberapa hari yang lalu.

Terlihat sibuk membersihkan tumpukan sampah tersebut dengan sangat antusias dan rasa kebersamaan yang tinggi.

Dalam Pantauan awak media, Koordinator pengurangan resiko bencana Baznas Jabar Heryadi menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Baznas tanggap bencana Jabar bertujuan untuk meminimalisir dampak bencana yang terjadi misalnya banjir dan disisi lain untuk mewujudkan serta menciptakan lingkungan yang bersih termasuk untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan termasuk disungai Cikenanga Sarabau - Gamel ini, demi kenyamanan, ucapnya.

Pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah dan sendimen sehingga terjadi pendangkalan sampah yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air sungai, jika kita tidak segera bersihkan, sampah itu pasti terus menumpuk dan akan menyebabkan timbul berbagai permasalahan termasuk juga akan berdampak pada lingkungan serta mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar, terangnya.

" Kegiatan seperti ini, kita lakukan diseputar Jabar baik Kota maupun kabupaten dan pada hari ini, kita laksanakan di Kabupaten Cirebon tepatnya disungai Cikenanga desa Sarabau dan Desa Gamel " tegasnya.

Kegiatan bersih bersih sungai Cikenanga Sarabau - Gamel ini, Alhamdulillah pihak BPBD Kabupaten Cirebon, pemerintah desa baik Kuwu maupun para anggota destananya, merespon, mensupport dan bahkan sangat mendukung " ungkap Heryanto.

Saya meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah secara liar dan sembarangan langsung kesungai Cikenanga Sarabau - Gamel, jadi harus dijaga bersama, mudah mudahan kegiatan seperti ini berkelanjutan ": tutup Heryanto.

Sementara itu Kuwu desa Sarabau Akhmad Dandon sangat mengapresiasi, menyambut baik dan positif serta mengucapkan terima kasih kepada Baznas tanggap bencana Jabar, BPBD Kabupaten Cirebon termasuk anggota Destana desa Sarabau atas kepeduliannya yang telah melaksanakan kegiatan bersih bersih sungai Cikenanga Sarabau - Gamel, ini demi kelancaran air sungai supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, katanya.

Melalui awak media E satu.com ini, saya sebagai kuwu desa Sarabau berharap kepada pemerintah kabupaten Cirebon baik pihak BBWS, pengairan, Dinas Lingkungan Hidup termasuk BPBD Kabupaten Cirebon dan Baznas tanggap bencana Jabar dapat mengatasi permasalahan misalnya banjir yang ada didesa Sarabau dan Gamel dengan melakukan dan melaksanakan pengerukan atau normalisasi sungai Cikenanga karena terlihat sudah terjadi pendangkalan atau penyempitan sungai " ujarnya, Minggu (29/1/23)

Kami pemerintah desa Sarabau secara rutin melaksanakan kegiatan bersih bersih lingkungan termasuk disungai Cikenanga Sarabau - Gamel termasuk dimusim hujan " menjaga kebersihan itu penting untuk kita semua, kebersihan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu dan kita semua, pungkas Kuwu desa Sarabau Akhmad Dandon. (wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top