E satu.com (Indramayu) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan seminar inovasi daerah dengan tajuk Strategi Membangun Pemerintah Daerah yang Inovatif, Kamis (9/2/2023).

Bertempat di Aula Bappeda-Litbang Kabupaten Indramayu, seminar tersebut turut dihadiri perwakilan perangkat daerah, kecamatan, puskesmas serta UPTD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu turut mengikuti kegiatan ini melalui bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam sambutannya Sekretaris Bappeda-Litbang Didda Kuswibawa mengatakan, digelarnya seminar inovasi daerah bertujuan sebagai wadah untuk menambah wawasan tentang bagaimana menciptakan iklim inovasi di daerah serta sekaligus sebagai saran komunikasi dan koordinasi antara pelaku inovasi di Kabupaten Indramayu.

“Kami menggelar kegiatan ini sebagai media untuk kita belajar bersama, menambah wawasan, serta saling berkomunikasi dengan antar pelaku inovasi di Kabupaten Indramayu,” ungkapnya saat membuka seminar inovasi daerah.

Sementara itu, Peneliti Ahli Madya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sucipto yang menjadi salah satu narasumber memaparkan, inovasi daerah merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan, kepemimpinan yang berorientasi pada inovasi merupakan kepemimpinan yang menekankan kemampuan untuk menciptakan dan mengembangkan ide-ide baru serta cara inovatif untuk mengatasi masalah tersebut dan mencapai tujuan yang diharapkan.

“Pemimpin yang luar biasa adalah yang memberikan ruang untuk menyampaikan pendapat itu merupakan salah satu budaya inovasi,” imbuhnya.


Selain itu, hal serupa juga dikatakan narasumber lainnya. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Kabupaten Bogor Riny Kusumawati yang menjadi pembicara selanjutnya mengatakan inovasi yang berkelanjutan diperlukan guna mempertahankan serta mengembangkan inovasi yang telah dibuat sehingga dapat terus beradaptasi guna menyelesaikan permasalahan di berbagai kondisi yang ada.

“Inovasi yang baik jika inovasi tersebut bisa memecahkan masalah, Inovasi juga harus berkelanjutan jangan hanya sekedar inovasi tanpa adanya kelanjutan untuk mempertahankan atau mengembangkan inovasi tersebut,” pungkasnya. (Iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top