BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) -
Pemerintah Desa ( Pemdes ) Bulak Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon menggelar acara adat Mapag Sri secara rutin setiap tahun.

Mapag Sri merupakan tradisi secara turun temurun yang terus dilestarikan masyarakat desa Bulak yang sampai saat ini masih di lestarikan. 

Kuwu desa Bulak H. Mulyani menjelaskan pada awak media , Selasa ( 21/3/23 ) bahwa acara Mapag Sri ini sudah menjadi adat desa yang setiap tahunnya selalu dilaksanakan menjelang atau saat panen tiba serta sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, di sisi lain kegiatan Mapag Sri ini juga untuk memperkuat silaturahmi, jelasnya.

" Jangan sampai tradisi Mapag Sri sebagai warisan leluhur ini hilang, oleh karena itu kami sebagai penerus warisan harus bisa terus melestarikan dan mengenalkan tradisi Mapag Sri ini kepada generasi muda khususnya diwilayah desa Bulak " tegasnya.


Menurut Kuwu H. Mulyani, tradisi Mapag Sri merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi masyarakat desa Bulak karena dengan duduk berkumpul membaca doa bersama akan semakin mempererat ukhwah islamiyah dengan harapan akan tetap kuat jalinan persatuan dan kesatuan hubungan antara Pemdes dengan masyarakat semakin erat, ucapnya.

Warga dengan warga akan terjalin komunikasi yang baik dan semakin erat sehingga hubungan silaturahmi semakin kuat pula " pada kegiatan Mapag Sri, kami juga menggelar pertunjukan wayang yang Alhamdulillah dihadiri pula oleh seluruh Kuwu se kecamatan Arjawinangun " terangnya.

" Ini merupakan ungkapan rasa syukur, mudah mudahan panen masyarakat diwilayah desa Bulak dapat terus meningkat secara signifikan " harap Kuwu H. Mulyani.


In Syaah Allah, kami akan terus lestarikan acara adat Mapag Sri karena ini merupakan tradisi atau peninggalan warisan budaya leluhur sehingga kita sebagai generasi penerus wajib meneruskannya karena kalau tidak dilestarikan nanti anak cucu kita tidak mengenal adat tradisi yang ada di desa Bulak " saya berharap adat desa yang ada di desa Bulak ini harus tetap dilestarikan dan untuk masyarakat petani mudah-mudahan hasil panennya lebih baik dan meningkat lagi " tutupnya. (wandi)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top