BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Majalengka) -
Pemerintah Kabupaten Majalengka bersama Kementrian Agama menggelar pelaksanaan bimbingan manasik calon jemaah haji reguler 1444 H / 2023 M tingkat Kabupaten Majalengka. Kegiatan yang dilaksanakan di lapang Tenis Setda , Senin ( 08/05/2023 ), ini diikuti kurang lebih 1. 103 orang calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini ke tanah suci.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat H Ajam Mustajam  Sekda Majalengka H Eman Suherman, Ketua DPRD Majalengka H Edy Anas Djunaedi, Kepala Kementrian Agama Majalengka H Agus Sutisna, , Anggota DPR RI KH Maman Imanulhaq yang memberikan tausyiah serta para tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana mengatakan, pelaksanaan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi mereka yang mampu. Ibadah haji tidak hanya sekadar perjalanan fisik ke tanah suci semata, tapi juga membutuhkan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik tentang tata cara ibadah haji sesuai dengan syariat agama.

Oleh karena itu bimbingan teknis ibadah haji ini dilaksanakan guna mempersiapkan calon jamaah dengan baik sebelum mereka berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.Terlebih pada pertemuan ini para calon jamaah akan diberikan pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang semua tahapan dan rukun, wajib dan sunah ibadah haji.


"Bimbingan teknis ibadah haji memberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan fisik dan mental selama menjalankan ibadah haji,"kata Wabup.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Majalengka H Agus Sutisna menyatakan, pada acara ini calon jamaah juga akan diberikan beragam informasi sebelum berangkat. Misalnya, informasi dan pengarahan terkait administrasi dan persiapan logistik yang diperlukan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Termasuk diberikan panduan mengenai proses pendaftaran, pembuatan paspor, dan pengaturan keuangan serta perlengkapan yang harus dibawa selama ibadah haji.

"Bimbingan teknis ibadah haji ini tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Agama, tetapi juga melibatkan para ahli, ulama, dan tenaga medis yang berpengalaman,"katanya.

Mengenai data resmi jemaah haji reguler Kabupaten Majalengka sebanyak 1.103 orang dan jamaah haji lansia sebanyak 72 orang. Jumlah keseluruhan calon jamaah haji sebanyak 1.175 jamaah.

"Kami juga tak lupa, terima kasih kepada Pemkab Majalengka yang telah peduli dan memberikan perhatian yang luar biasa bagi calon jamaah haji Majalengka,"ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam menambahkan, untuk sebagian calon jemaah haji asal Jawa Barat dari total 8.956 orang akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

"Jemaah itu berasal dari wilayah Ciayumajakuning ada juga jemaah asal Subang-Sumedang,"katanya.

Menurut Ajam, sampai saat ini pihaknya masih melakukan berbagai persiapan. Sehingga saat tiba waktunya nanti akan berjalan dengan baik. Para jemaah selain berangkat dari Bandara Kertajati, asrama hajinya di Indramayu itu sebanyak 24 kloter dengan jumlah 8.956.

Selain dari Bandara Kertajati, kata dia, jemaah haji asal Jawa Barat juga akan menggunakan lokasi lainnya untuk berangkat ke Tanah Suci. Lokasinya dari Cengkareng yang pemberangkatan awalnya dari asrama haji Bekasi.

"Kalau dari asrama haji Bekasi itu sebanyak 37 kloter,"ucapnya.

Sumber : Diskominfo Majalengka 
Editor  : Ade Prayitno
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top