E satu.com (Indramayu) - Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jajang Sudrajat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) tahun 2023, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri tersebut turut dihadiri Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Eko Prasetyanto, beberapa pejabat kementerian dan Lembaga, serta perwakilan gubernur, bupati dan walikota. 

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mengatakan, latar belakang dilaksanakannya program P3PD adalah sesuai dengan salah satu visi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mana pembangunan dimulai dari wilayah perdesaan, rural, serta perbatasan.

Lebih lanjut dijelaskan Tito, sejumlah langkah telah dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam memberikan penguatan terhadap desa diantaranya melalui regulasi, kelembagaan, serta penganggaran melalui alokasi dana desa.

Dengan demikian, penguatan dan pembangunan desa menjadi sebuah hal prioritas guna menjadikan desa sebagai sentral ekonomi baru, terlebih lagi Indonesia akan menghadapi bonus demografi sehingga penguatan di bidang SDM menjadi hal yang sangat penting.

Oleh karena itu, sasaran kegiatan dari program P3PD adalah tersedianya sistem penyediaan intervensi program dalam pengembangan kapasitas berbasis teknologi, tersedianya dukungan pembelajaran baru berbasis teknologi digital di lokasi, terbangunnya kepemimpinan dan koordinasi nasional yang berorientasi pada hasil.

“P3PD ini memiliki banyak program, salah satunya penguatan kelembagaan dengan hadirnya berbagai pelatihan. Kami berharap adanya pelatihan ini kepala desa dapat memiliki pemahaman tentang kepemimpinan, sistem pemerintahan yang benar, bagaimana menyusun APBDes, serta bagaimana untuk mengeksekusi terobosan kreatif untuk mendapatkan penghasilan dengan potensi yang ada dan mempertanggungjawabkan keuangannya dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Eko Prasetyanto menyampaikan, melalui rakornas ini diharapkan menjadi sarana untuk melakukan koordinasi, sosialisasi dan capaian program P3PD kepada pemerintah daerah, menyamakan persepsi pelaksanaan target dan sasaran P3PD, melakukan sinkronisasi kegiatan penguatan aparatur pemerintahan desa.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Indramayu, Nina Agustina berharap melalui program P3PD tersebut dapat memperkuat pemerintahan dan mempercepat pembangunan di tingkat desa sehingga dapat meningkatkan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


Dalam kesempatan ini Bupati Nina menuturkan, desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional seperti pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga desa harus menjadi kekuatan ekonomi karena potensi sumber daya alam dan sumber ketahanan pangan sejatinya ada di desa.

“Sektor pembangunan dimulai dari desa, sehingga bila pengelolaan SDA dan SDM di desa bisa dioptimalkan akan sangat mendukung pembangunan nasional,” pungkasnya. (Iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

654

Back To Top