Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) - Dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke - 78 TNI Angkatan Laut (AL), Komandan Pangkalan Angkatan Laut Lanal Cirebon melaksanakan Aksi Program Bersih Kali Nasional.

Aksi Program Bersih Kali Nasional diselenggarakan di Sungai Kriyan, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Selasa (5/9/23) yang melibatkan sekitar 300 orang dari TNI, POLRI, ormas, instansi pemerintah, BPBD, pelajar dan berbagai elemen masyarakat lainnya melakukan aksi program bersih Sungai Kriyan.

Kegiatan yang dilaksanakan ini Sesuai dengan Arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla dalam kegiatan Bhakti TNI AL dan dipimpin langsung serentak melalui Video Conference dengan Tema " Semangat Jalesveva Jaya Mahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.
Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ridwansyah mengatakan, dengan menggunakan 9 perahu karet, ratusan peserta menyisir aliran Sungai Kriyan memunguti sampah.

" Aksi ini kami gelar memperingati HUT TNI AL ke - 78 dan sebagai kampanye pada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai," ujarnya.

Ridwansyah melanjutkan, Program Kali Bersih Nasional TNI AL tersebut dilaksanakan di 78 titik serentak se - Indonesia juga memperingati HUT RI ke - 78.


" Sungai Kriyan dipilih sebagai Program kali Bersih Nasional karena banyak sampah di aliran sungai tersebut," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya kali Kriyan ini tentunya sudah kita sounding dan kita cek selama seminggu. Dan hasilnya Sungai Kriyan menjadi salah satu nominasi dan akhirnya kami putuskan lokasi ini sebagai titik awal dari kegiatan kali bersih nasional.

" Kegiatan ini tentunya bukan hanya simbolis saja dan bukan hanya sekali dilakukan. Harapannya terus berkelanjutan, nanti kita rencanakan dengan instansi yang lain termasuk Pemkot Cirebon supaya menarik perhatian masyarakat untuk lebih sadar tidak membuang sampah ke sungai dan selalu menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon H Agus Mulyadi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon tersebut.

" Kami dari pemerintah daerah mendukung dan menyambut baik serta mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Cirebon serta jajaran dan instansi samping termasuk juga peran serta masyarakat untuk bisa melakukan sebuah langkah yang strategis yaitu secara nasional Program Kali Bersih Nasional," tuturnya.

Dikatakan Sekda, Forkominda Kota Cirebon telah sepakat untuk melanjutkan Program Kali Bersih di wilayah Kota Cirebon.

" Ke depan kami sudah sepakat dengan Forkopimda, Dandim 0614/Kota Cirebon, Danyon Arhanudse 14/ PWY, dan Danlanal tadi untuk bisa melanjutkan Program Kali Bersih Nasional ini. Kegiatan yang hari ini dilakukan hari ini bagian dari triggernya saja. Tapi saya sih setuju untuk kita melanjutkan dulu di Sungai Kriyan ini karena Sungai Kriyan ini merupakan sungai bersejarah jaman dahulu lalulintas kapal - kapal tamu ke Keraton Kasepuhan melalui gerbang Lawang Sanga ini," katanya.

Agus Mulyadi menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke aliran sungai. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top