BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Indramayu) -
Komitmen dalam upaya mewujudkan Kabupaten Indramayu yang bebas Pungutan Liar (Pungli) terus dilakukan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut terlihat dalam keikutsertaan UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Tahun 2023 yang digelar oleh Satgas Saber Pungli RI.

Bertempat di Ruang Call Centre 110 Polres Indramayu, Senin (27/11/2023), Rakernas yang diikuti secara virtual tersebut turut dihadiri Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Indramayu, Kompol Hamzah Badaru, S.I.K., M.M. dengan didampingi Kepala Posko UPP Iptu Nandang Supriatna, S.H.

Selain itu, tampak hadir pula anggota Kelompok Kerja (Pokja) Intelijen, Pokja Penindakan, serta anggota Posko UPP Kabupaten Indramayu.

Diketahui, Rakernas Satgas Saber Pungli Evaluasi dan Pemberian Penghargaan tersebut dipimpin oleh Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si dengan diikuti oleh seluruh Satgas Saber Pungli Provinsi, UPP Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si menyampaikan, upaya pemberantasan pungli dapat terlaksana dengan optimal berkat kerja sama dan sinergitas yang terjalin antar instansi baik itu kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

Dengan demikian, dikatakan Ahmad Dofiri, optimalisasi tersebut diharapkan dapat memberantas pungli yang cenderung dapat menghambat tidak hanya perekonomian bahkan semua bidang.

“Pemberantasan pungli ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu sinergi dan kolaborasi berbagai pihak. Khusus kepada pokja pencegahan, ikuti renaksi KPK karena sangat bagus untuk diterapkan rencana kerjanya,” ungkapnya.

Lanjut Ahmad Dofiri, kepemimpinan dan perhatian dari masing-masing pimpinan lembaga serta kepala daerah juga merupakan hal sangat penting terutama dalam mencegah pungli sehingga suatu daerah atau lembaga dapat terbebas dari pungli.

Melalui kegiatan Rakernas tersebut, dirinya berharap ke depan kinerja Satgas dan UPP Saber Pungli di daerah dapat terus meningkat, sehingga dengan meningkatnya pengawasan terjadinya praktik pungli dapat ditekan.

“Mungkin pungli di masyarakat kecil nilainya, namun itu sangat menggerogoti korbannya. Ke Depan saya berharap pengawasan dan kinerja Satgas maupun UPP dapat terus ditingkatkan, agar praktik pungli tersebut dapat ditekan bahkan dihilangkan,” pungkasnya.

Rakernas kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh Ketua Satgas Saber Pungli Pusat kepada Satgas Saber Pungli terbaik yakni Satgas Saber Pungli Jawa Barat, Satgas Saber Pungli Jawa Tengah, serta Satgas Saber Pungli Sulawesi Tenggara dengan beberapa kriteria penilaian salahsatunya keaktifan dan inovasi. (Iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top