E satu.com 
(Cirebon) - Peringatan May Day 2024 di Kota Cirebon berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan sosial dan edukatif yang melibatkan berbagai pihak.

Acara yang digelar oleh para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Cirebon bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon ini sukses menarik perhatian banyak buruh dan masyarakat.

"Ya Alhamdulillah, kemarin kami melaksanakan peringatan Mayday 2024."

"Dalam acara kemarin, kami yang tergabung ke dalam KSPSI Kota Cirebon berkolaborasi dengan Apindo dan Disnaker Kota Cirebon menggelar sejumlah acara," ujar Andi Mohamad Rasul, selaku Ketua Pelaksana Mayday 2024 Kota Cirebon, Minggu (19/5/2024).

Rangkaian acara yang berlangsung di Kantor Disnaker Kota di Jalan Raya Ciptomangunkusumo ini meliputi kegiatan bakti sosial, santunan dan bingkisan untuk anak yatim piatu dari keluarga pekerja di Kota Cirebon.

Selain itu, diadakan juga talk show dengan narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BPJS Ketenagakerjaan dengan tema 'Bijak Memanfaatkan Produk dan Layanan Jasa Keuangan dan Jaminan bagi Tenaga Kerja'.

"Kami juga melaksanakan talk show dengan narasumber dari OJK dan BPJS Ketenagakerjaan yang pesertanya para buruh dengan tema 'Bijak Memanfaatkan Produk dan Layanan Jasa Keuangan dan Jaminan bagi Tenaga Kerja'," ucapnya.

Di sela-sela kegiatan, terdapat pula perlombaan catur, potong rambut yang diselenggarakan oleh LPK Kota Cirebon, donor darah oleh PMI, serta pemeriksaan kesehatan oleh Rumah Sakit (RS) Medimas, yang semua pesertanya adalah para buruh.

Santunan kepada anak-anak yatim piatu dari keluarga pekerja juga menjadi salah satu momen berharga dalam peringatan ini.

"Dengan pelaksanaan peringatan kegiatan Mayday 2024, sebagai bentuk estafet yang selalu kami laksanakan selama ini dengan melakukan kegiatan yang serupa, yaitu Mayday setiap tahun.

"Maksud dan tujuan kegiatan May Day ini untuk lebih mempererat hubungan industrial yang baik, kenyamanan bagi perusahaan dan kesejahteraan bagi semua pekerja," jelas Andi.

Peringatan May Day kali ini juga menjadi momentum penting bagi para pekerja dan perusahaan di Kota Cirebon untuk bangkit setelah pandemi Covid-19 yang berdampak pada penurunan pendapatan dan peningkatan angka PHK.

Andi berharap, dengan adanya acara ini, ekonomi akan semakin membaik dan kesejahteraan pekerja semakin meningkat.

"Dalam kondisi saat ini, setelah pandemi Covid-19, banyak pekerja dan perusahaan yang menurun pendapatan dan adanya PHK, besar harapan kita, peningkatan ekonomi dan penguatan SDM pekerja akan semakin meningkat serta bisa meningkatkan kesejahteraan bagi pekerja."

"Bagi KSPSI lebih mengedepankan komunikasi interaksi bila ada pekerja yang di PHK," katanya.

Di akhir wawancara, Andi menyampaikan harapannya untuk masa depan.

"Besar harapan kita semua, bahwa dengan kegiatan May Day ini akan meningkatkan hubungan industrial lebih baik lagi. Semoga di tahun yang akan datang, kita bisa melakukan kegiatan bersama-sama lagi. Terima kasih kepada pihak yang mendukung," ujarnya.

Adapun, Peringatan May Day 2024 di Kota Cirebon menjadi contoh nyata bagaimana solidaritas dan kerja sama dapat memperkuat hubungan antara pekerja, perusahaan dan pemerintah, menuju kesejahteraan yang lebih baik bagi semua pihak. (Wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top