Bonnie


E satu.com (Kota Cirebon) -
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online tahap 1 tahun pelajaran 2024/2025 untuk jenjang SMP Negeri di Kota Cirebon resmi dimulai pada Selasa (25/6/2024). Berbeda dengan jenjang SMA Negeri yang sudah memasuki pendaftaran tahap 2, tahap 1 untuk SMP Negeri akan berlangsung dari Selasa hingga Jumat (25-28/6/2024).

Pada tahap 1 ini, aturan penerimaan mempersiapkan kuota sebesar 50% bagi calon peserta didik baru, yang terbagi menjadi beberapa jalur. Jalur keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK), dan anak guru mendapatkan alokasi sebesar 15%. Selain itu, terdapat jalur prestasi nilai rapor sebesar 10%, prestasi kejuaraan akademik 5%, prestasi estetika 5%, prestasi kejuaraan olahraga 10%, serta jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebesar 5%.

Setelah pendaftaran tahap 1 selesai, pihak sekolah akan melakukan verifikasi pada 29-30 Juni 2024. Pengumuman hasil penerimaan tahap 1 dijadwalkan pada 1 Juli, diikuti dengan masa daftar ulang pada 2-3 Juli 2024.

"Kita harapkan di PPDB tahun ini seluruh SMP bisa mendapatkan siswa sesuai dari kuota atau rombel yang dipersiapkan dari sekolah masing-masing," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Cirebon, Kadini, pada Senin (24/6/2024).

Kadini juga mengakui bahwa masih ada calon siswa atau orang tua siswa yang berharap bisa masuk ke sekolah yang diinginkan atau favorit.

"Kami (Disdik) sudah mensosialisasikan bahwa semua sekolah negeri sama. SMP-SMP yang minim siswa juga sudah mensosialisasikan terkait sekolahnya. Namun, kembali lagi kepada hak masyarakat untuk memilih sekolah," tambahnya. (Wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top