E satu.com ( Crb) - Menurunnya minat baca di kalangan Masyarakat  Indonesia saat ini membuat indonesia jauh tertinggal di bandingkan negara lain dalam hal membaca buku, salah satu faktornya adalah minimnya kecukupan Infra Struktur pada Taman bacaan atau Perpustakaan dengan jumlah dan kualitas buku yang tidak memadai.
Cirebon power sebagai Perusahaan penghasil energi listrik yang selalu berinovasi untuk menghasilkan yang terbaik buat Negeri ini ,merasa peduli akan hal itu .
Cirebon Power mendonasikan sebanyak 1.700 buku cerita pendek tentang Penemuan ,Penciptaan Kreativitas Dan Inovasi yang dikarang oleh Heru Dewantoro Presiden Direktur Cirebon Power   yang juga Wakil ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia ( PII), buku tersebut  akan idistribusikan oleh PT Pos Indonesia untuk 425 taman bacaan di seluruh Indonesia.
Heru mengatakan, buku ini berisi 48 cerita pendek tentang penemuan, inovasi dan kreativitas yang dihasilkan manusia. Buku ini menceritakan bagaimana berbagai temuan tersebut dihasilkan proses terjadinya serta latar belakang yang mendorong terjadinya temuan dan inovasi, demi mendorong tumbuhnya cara berpikir kreatif anak sejak usia dini.
“Buku ini ingin menjelaskan bahwa penemuan, inovasi dan kreativitas yang mengubah kehidupan manusia tidak selalu dan tidak harus terjadi melalui riset-riset yang resmi pemerintah, swasta atau perguruan tinggi yang menelan biaya yang mahal,” ungkap Heru dalam sambutannya pada acara penyerahan donasi buku Inovasi Vestibule Kantor Pos Indonesia, Bandung, Selasa (17/10).
Heru menambahkan  penemuandan kreativitas bisa saja terjadi dalam keseharian atau sering disebut sebagai inovasi akar rumput.  “Kita berharap, semangat inovasi akan bertumbuh di generasi muda kita, karena inovasilah yang menentukan arah peradaban kita. Tak hanya itu, inovasi juga bermakna entepreneurship, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan kesejahteraan” ujar Heru.
Sehingga buku inovasi diharapkan dapat menjadi salah satu instrument penyebarluasan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi keseluruh pelosok negeri, mendorong anak untuk bermimpi, dan berpikir kreatif, dan berani melahirkan inovasi.
“Buku Inovasi bisa dijadikan bahan modul story telling untuk menumbuhkan semangat inovasi dan kreativitas bagi anak-anak sekolah dasar (SD) dan SMP. Story telling juga terbukti mampu membuat kemampuan efektif membaca anak meningkat,” katanya.
Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsih Wahju Setijono dalam acara ini menuturkan, hingga saat ini sudah terdapat 900 taman bacaan yang terdata di PT Pos Indonesia. Pihaknya mencatat sejak Mei lalu saat Program Pustaka Bergerak diluncurkan, sudah sekitar 140 ribu buku yang didonasikan ke taman bacaan di seluruh Indonesia. Gilarsih juga mengajak kepada pihak yang lainnya, untuk ikut terlibat dalam kegiatan donasi buku ini.
“Bagi yang memiliki buku yang mau didonasikan dapat disampaikan melalui PT Pos seperti dilakukan oleh Cirebon Power,” kata Gilarsih. (Pgh)
Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top