BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Kota Cirebon Kembali Raih Predikat Kota Sehat
e satu.com (Crb) – Penghargaan “Swasti Saba” yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam dua tahun sekali ini, Kota Cirebon akhirnya mendapatkan penghargaan kota sehat dengan katagori wiwerda (Pembinaan), Selasa (28/11).
Penghargaan tersebut pun diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. H. Asep Dedi, M.Si yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon,  dr. H Edy Sugiarto M.Kes dan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon, Mohammad arief kurniawan, ST di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat.
Dikatakan Sekeretaris Daerah Kota Cirebon, dirinya sangat berterima kasih dan mengapresiasi seluruh tim pembina dan forum kota sehat baik di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan serta masyarakat Kota Cirebon dalam melaksanakan program-program kota sehat sehingga pada tahun 2017 Kota Cirebon dapat kembali mendapatkan penghargaan tersebut.
“Alhamdulillah dengan adanya sinergitas yang baik akhirnya Kota Cirebon kembali dipercaya untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba di tahun 2017 ini dengan peningkatan katagori yaitu wiwerda ” Ujarnya.
Selain itu juga Asep Dedi mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kota Cirebon menargetkan agar kedepan Kota Cirebon dapat meraih kembali penghargaan Swasti Saba dengan katagori WISTARA (Pengembangan).
Selain itu menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon,  dr. H Edy Sugiarto MKes, dirinya mengatakan Kota Cirebon mendapatkan penghargaan ini dinilai dari empat tatanan penilaian Kota/Kabupaten Sehat yang diantaranya yakni, Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Kehidupan Sosial yang Sehat.
“Mulai dari tahun 2005, 2013 dan 2015 Kota Cirebon menerima penghargaan Swasti Saba Kota Sehat dengan Katagori yang sama yakni Padapa. Akhirnya tahun 2017 meraih penghargaan swastisaba wiwerda dengan empat tatanan yang dinilai oleh tim pusat.” Tutur Edi.
Adanya penghargaan ini tentunya diharapkan oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH Kota Cirebon kedepan dapat lebih baik lagi dan apa yang sudah didapat pada hari ini dapat dilaksanakan dan dilakukan secara kontinyu agar ditahun mendatang Kota Cirebon dapat kembali menerima penghargaan Swasti Saba Kota Sehat dengan Katagori yang lebih tinggi.
Perlu diketahui bahwa Kawasan sehat  adalah kondisi wilayah tertentu yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi pekerja dan masyarakat dikawasan tersebut dengan mengoptimalkan potensi masyarakat dan pekerja, melalui pemberdayaan pelaku pembangunan yang terkait, difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah. (Bd)

Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top