Kegiatan Pelatihan Pada UPTD PBTK Dinas Tenaga Kerja Kota CirebonE satu.com (Crb) - AwalTahun baru 2018, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon sudah menyiapkan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.
Setiap warga Kota Cirebon bisa mendaftar, gratis tanpa dipungut biaya.
Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, S.sos, menjelaskan jika tahun ini mereka sudah menyiapkan rencana pendidikan dan pelatihan.
“Alhamdulillah di 2018 ini ada 16 paket pelatihan yang akan kita selenggarakan,” ungkapnya.
Sebanyak 2 paket dananya bersumber dari APBD Kota Cirebon dan 14 paket mendapatkan dukungan dana dari APBN.
Dari 16 paket tersebut, lanjut Agus, dihimpun menjadi 6 kegiatan. Masing-masing las pabrikasi, tata boga, pelatihan mengelas, operator menjahit pakaian dasar serta operator garmen. “Langkah pertama kami yaitu dengan melakukan sosialisasi,” kata Agus.
Sosialisasi akan dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya dengan mengedarkan surat kepada para camat yang ada di wilayah Kota Cirebon untuk bisa menghimpun dan mendata warga mereka yang ingin mengikuti pelatihan. “Tentu ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi,” ungkap Agus.
Cara kedua yaitu warga bisa datang dan mendaftar secara mandiri ke Kantor Disnaker Kota Cirebon. Sedangkan cara ketiga, yaitu dengan menyebarkan data melalui website resmi yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon. “Jadi masyarakat bisa mengunduh langsung melalui website resmi Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk melihat syarat dan ketentuan untuk mengikuti pelatihan tersebut,” ungkap Agus.
Yang perlu ditekankan, lanjut Agus, pelatihan yang diberikan tidak dipungut biaya. “Karena memang pelatihan ini sudah mendapatkan alokasi anggaran, baik dari APBD maupun APBN,” ungkap Agus.
Selanjutnya Agus berharap nantinya yang sudah mendapatkan pelatihan dan menjadi wirausaha. “itu yang kita harapkan, mereka bisa mencetak lapangan pekerjaan baru,” ungkap Agus.
Namun Agus pun menyatakan jika pihaknya juga akan melakukan pendataan ke perusahaan-perusahaan terkait formasi jabatan dan kualifikasi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga nantinya akan saling melengkapi. “perusahaan akan menyampaikan kebutuhan tenaga kerja mereka dan kualifikasinya kita siapkan,” ungkap Agus.
Karena itu program pelatihan dan peningkatan keterampilan ini diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. “Sehingga secara bertahap masalah pengangguran bisa kita selesaikan,” ungkap Agus. Sedangkan untuk pelatihan akan dilakukan pada Februari dan Oktober mendatang.( Pgh)

Post A Comment: