Peran Orang Tua Sangat Penting Untuk Mendorong Anak Menjadi Hafiz QuranE satu.com  (Crb) -Target prestasi keikutsertaan Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam MTQ hingga kini belum tercapai. Orangtua diminta turut serta membina prestasi anaknya di bidang keagamaan.
Hal tersebut diungkapkan ketua pelaksana Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat Kota Cirebon, Drs.  Agus Mulyadi, M.Si. “Target kita rangking 6,” ungkap Agus Mulyadi .
Namun Kota Cirebon baru bisa meraih peringkat ke 19 pada MTQ lalu.
Penyebabnya menurut Agus karena berbagai hal. Diantaranya tidak adanya pola pembinaan yang berkelanjutan, terutama pasca digelontorkannya program magrib mengaji. Tidak hanya itu, peran serta orangtua terhadap anaknya sebenarnya sangat diharapkan untuk pendidikan Al Quran.
“Untuk ukuran prestasi anak orangtua selalu melihat dari rangking. Kenapa tidak dari hafiz. Misalnya berapa juz yang sudah berhasil dikuasai oleh anaknya,”ungkap Agus.
 Sedangkan untuk qori dan qoriah yang sudah terpilih melalui seleksi MTQ tingkat kota Cirebon beberapa waktu yang lalu, Agus menyatakan saat ini sudah dititipkan ke sejumlah pondok pesatren. Tujuannya selain untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Al Quran juga untuk memperlancar bacaan sesuai dengan aturan membacanya.
 Selanjutnya Agus pun mengakui jika masih ada sejumlah pelajar di Kota Cirebon yang saat ini belum tersentuh pembinaan.
“Padahal kita memiliki potensi yang banyak, tetapi belum tersentuh,”ungkapnya.
Harusnya, jika pembinaan dilakukan berjejang, mulai dari rumah, RT, RW,kecamatan hingga ke tingkat kota, maka bisa didapatkan lebih banyak lagi qori dan qoriah. Sehingga mereka pun bisa menyeleksi lebih banyak lagi calon untuk diikutsertakan dalam MTQ tingkat Jabar.
 Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Asep Dedi, M.Si, menyambut baik pelaksanaan Rakerda LPTQ tingkat Kota Cirebon.
“Kita berharap LPTQ ini nantinya bisa bekerja sama dengan rumah tahfiz maupun pesantren, agar  lebih banyak lagi orang yang berminat untuk belajar Al Quran,” ungkap Asep.
Selanjutnya Asep juga meminta agar Rakerda LPTQ ini juga membahas sejumlah program terutama menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Jabar yang akan diselenggarakan April mendatang di Sukabumi.
“Waktunya tidak lama lagi, rakerda ini juga harus merumuskan persiapan dalam rangka MTQ  tingkat Jabar April mendatang,” ungkap Asep.
Asep pun menyatakan kita Pemerintah Daerah Kota Cirebon sangat menaruh perhatian dan mendukung penuh kinerja yang telah dilakukan LPTQ selama ini.( An)

Post A Comment: