Wisata Kota Cirebon Sekarang Bisa Di lihat Dari Aplikasi Cirebon WistakonE satu.com Crb) - Bertepatan dengan penganugerahan putra putri terbaik Kota Cirebon,  Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik ( DKIS) melaunching aplikasi Cirebon Wistakon. 
Wistakon sendiri merupakan singkatan dari Wisata Kota Cirebon dan sekitarnya yang dikoneksikan dengan google map untuk menuju lokasi yang dimaksud.  Aplikasi ini menyediakan info  tentang pariwisata yang ada di Kota Cirebon.  Mulai dari informasi  hotel,  obyek wisata,  pusat kuliner, pusat perbelanjaan dan lainnya.
“Aplikasi ini merupakan implementasi Cirebon Smart City, “ungkap Kepala DKIS,  Iing Daiman,  Kamis,  18 Januari 2018.  Iing menambahkan keberadaan program Smart City tentu sangat penting untuk peningkatan layanan serta kesejahteraan masyarakat. Karena program ini menggabungkan berbagai elemen untuk mewujudkan kota Cirebon lebih maju dengan teknologi yang terus meningkat tanpa meninggalkan kearifan local. Karena itulah nama sejumlah aplikasi tetap menggunakan bahasa Cirebon.
Selanjutnya aplikasi ini bisa diunduh di play store android dengan mengetik Cirebon Wistakon. Aplikasi Cirebon Wistakon ini melengkapi 7 aplikasi lainnya yang sudah ada di Kota Cirebon. Aplikasi tersebut yaitu CIREBON LENGKO (Layanan Elektronik Kesehatan Online), yakni sistem pelayanan antrean online berbasis Android dan informasi berbasis Android ketersediaan ruang rawat inap di RSUD Gunung Jati.
CIREBON BROJOL AJA KLALEN (Akte Langsung Jadi Kalau Lapor lewat On Line) dengan konsep one day service. Jika dahulu membuat akte selama 14 hari sekarang dengan lapor lewat internet dapat sehari langsung jadi.
Ada program CIREBON SEDULUR  (Sistem Elektronik Pelayanan Digital Kelurahan), dan CIREBON SEGA JAMBLANG  (Sistem Elekronik Kepegawaian dan Evaluasi Kinerja secara Gamblang) seperti Simpeg, E-Lakip, Tepra dan lainnya.
Program selanjutnya adalah PORTAL SATIN CIREBON PASTI WERU, yakni penyajian informasi Kota Cirebon dalam satu portal. PROGRAM WADUL BAE (Warga Peduli Bocah lan Emboke) yang merupakan konsep penanganan terpadu kekerasan terhadap anak dan perempuan. Bahkan saat ini Kota Cirebon telah memiliki Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) yang menjadi  percontohan nasional. Di sekolah, siswa diperankan sebagai pelapor dan melapor jika ada kejadian di lingkungannya.
Program lainnya  CIREBON JEH (Jaringan Edukasi Hukum), yakni untuk edukasi dan penangan masalah hukum dan program lainnya. Hal ini untuk peningkatan pelayanan publik. “Diharapkan dengan berbagai program tersebut memudahkan masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi yang dimiliki Kota Cirebon terutama berkaitan dengan program Pemerintah Daerah Kota Cirebon,” ungkap Iing. (NM)

Post A Comment: