E satu.com (Crb) - Hujan yang tak kunjung henti dengan intensitas sedang dari pukul 22.00 hingga 07.00 pagi menyebabkan banjir di beberapa wilayah di kabupaten Cirebon .senin ( 12 Februari 2016.)
Akibatnya Sekitar 17 desa di Kabupaten Cirebon terendam banjir  sejumlah desa masih terendam seperti Desa Japura Bhakti Kecamatan Astanajapura.Hujan yang deras dan cukup merata di wilayah Kabupaten Cirebon serta adanya pendangkalan dan penyempitan Sungai di wilayah masing-masing desa menjadi penyebab utama banjir. Air meluap kepemukiman warga, rata-rata ketinggian air mencapai 80 hingga 100 centimete.
Ruas jalan  dari arah sindanglaut hingga kanci terendam air dengan ketinggian hingga 100 Meter sehingga banyak menyebakan kendaran mogok akibat mesin kemasukan air namun dengan sigap warga membantu untuk mendorong hingga ke tempat yang aman.
Sementara itu warg Pande  kecamatannlemah abang   .“ Daerah kami selalu banjir karena kami berada di dataran rendah Kami tetap waspada apabila banjir yang sekarang lebih besar dari biasanya ."
Tampak puluhan personil anggota Brigade Mobil (Brimob) bersama jajaran BPBD Kabupaten Cirebon membantu proses evakuasi korban banjir. Mereka membantu evakuasi warga menggunakan perahu karet di sejumlah jalan yang terendam banjir. Mereka menolong warga yang masih terjebak banjir. 
Dan berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah per tanggal 12 februari 2018 pukul 09.00
Total Rumah Terendam 7.069 Unit Rumah
Total Jumlah KK dan Jiwa yang Terdampak
7.861 KK / 29.925 Jiwa Terdampak.
Total Fasilitas Umum yang Terdampak Terendam Mushola 26 Unit
, Sekolah 22 Unit, Sawah 102 Hektare, 2 Tanggul Rusak.
Upaya penaganan yang sudah dilakukan adalah BPBD menurunkan Tim Satgas PB, peralatan dan perlengkapan PB ,Tim Satgas membantu warga membersihkan air dan lumpur yang masuk didalam pemukiman., Melakukan penyedotan air dirumah warga.
,Warga melakukan penutupan air di depan rumah masing- masing melakukan evakuasi terhadap warga terdampak ,Koordinasi dengan  pihak aparat Desa, BASARNAS, DINSOS, DINKES ,TNI/ POLRI dan masyarakat.Selanjutnya akan diberikan bantuan berupa logistik.
Untuk saat ini warga sangat membutuhkan
Selimut ,Tikar,Matras, Makanan siap saji, Makanan tambahan gizi, Family Kids Kids wear serta obat'obatan.( Pgh)

Post A Comment: