BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Kementrian Kelautan Dan Perikanan Berikan Bantuan Kepada Nelayan Dan TPI  Higienis.
E satu.com (Crb) - Tempat Pelelangan Ikan (TPI) higienis dibangun di Kota Cirebon. Alat bantu tangkap ikan ramah lingkungan juga diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan menjaga ekosistem laut.
Bantuan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sjarief Widjaja di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Kota Cirebon, Rabu, 15 Februari 2018. Turut hadir pada acara tersebut Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Cirebon, Dr H. Taufikkurohman, M. Si, anggota komisi IV DPR RI, Ono Surono,Plt Bupati Cirebon, Selly Andriani Gantina dan lainnya.
Pjs Wali Kota Cirebon, Dr. H Dedi Taufikkurohman, M.Si, mengucapkan terima kasih atas dibangunnya sebuah TPI higienis di Kejawanan, Kota Cirebon. “Saya yakin keberadaan TPI ini akan meningkatkan kualitas ikan yang ditangkap nelayan di Kota Cirebon,” ungkap Dedi. Dengan kualitas ikan yang meningkat maka harga jualnya juga akan tinggi. Dengan begitu, kesejahteraan nelayan di Kota Cirebon juga akan meningkat.
Tidak hanya itu, Dedi pun mengucapkan terima kasih atas pembangunan TPQ/ madrasah Ijtima’iyah PPN Kejawanan yang merupakan hasil sumbangan stakeholder di kawasan PPN Kejawanan. Dengan 108 santri saat ini telah terkumpul Rp 545 juta untuk pembangunan TPQ tersebut. “Semoga bisa meningkatkan pendidikan untuk anak-anak nelayan yang ada di Kota Cirebon,” ungkap Dedi.
 Tempat Pemasaran Ikan Higienis PPN KejawananSementara itu Dirjen Perikanan Tangkap Dinas Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sjarief Widjaja, juga berharap agar bantuan yang telah diberikan kepada nelayan di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Bantuan diberikan agar tingkat kesejahteraan nelayan Indonesia meningkat,” ungkap Sjarief. Dengan pemberian alat tangkap yang ramah lingkungan, maka diharapkan sumber daya ikan bisa terpelihara dengan baik dan bisa dinikmati oleh generasi penerus.
Selanjutnya Sjarief bepesan kepada nelayan Indonesia untuk mengolah ikan yang ditangkpa dengan baik. “Bahkan dikelola dengan standar dunia,” ungkap Sjarief. Sehingga nantinya ikan yang dijual oleh nelayan Indonesia akan memiliki nilai jual yang tinggi. “Selanjutnya kita akan bangun 32 TP se Indonesia yang sesuai dengan standar internasional,” ungkap Sjarief.
Adapun rincian bantuan yang diberikan yaitu pembangunan Tempat Pemasaran Ikan Higienis PPN Kejawanan senilai Rp 4,7 miliar, bantuan alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan tahun 2017 untuk 3 kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu dengan total 1.185 paket (Kota Cirebon mendapatkan 98 paket), bantuan kapal penangkap ikan untuk 6 daerah di Jabar dengan toal 165 unit kapal, bantuan permodalan dari BRI, bantuan premi asuransi nelayan, serta penyerahan kartu asuransi.
Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top