Keraton Kanoman Kehilangan Sosok Panutannya
E satu.com (Crb) -Keraton Kanoman kehilangan salah seorang sesepuh dan pelopor kegiatan ritual tradisi Keraton Kanoman, yakni Ratu Raja Hj. Fauzier Kencana Wungu Binti Kanjeng Gusti Sultan H. Moh. Nurus.
Putri dari Sultan Kanoman X, Moh. Nurus itu meninggal di usia 71 tahun dikarenakan sakit lambung yang diidapnya sejak beberapa tahun terakhir. Almarhumah meninggal Pada Hari Senin (19/2) pukul 00.50 WIB dini hari setelah selama satu minggu dirawat di Rumah Sakit Pertamina Cirebon. 
Keraton Kanoman dan warga sekitar sangat kehilangan sosok yang selama hidupnya mengabdi di keraton, almarhumah sangat berperan dalam berjalannya tradisi keadatan di Keraton Kanoman,  almarhum yang merupakan anak dari Sultan Kanoman ke X,  dan adik dari Sultan Kanoman ke XI. 
"Beliaulah pelopor kegiatan ritual tradisi di Keraton Kanoman,  sesepuh kita di keraton ini,ungkap salah satu kerabat keraton Senin (19/2).
Kegiatan-kegiatan yang ada di Keraton Kanoman, yang masih berjalan hingga saat ini seperti tradisi Maulidan dan grebeg Syawal, almarhum lah yang sebagai pelopor pelestariannya.
"Kami tidak memiliki firasat, kami berharap beliau kembli sehat,  namun Allah berkendak lain," ungkapnya
Almarhumah dikebumikan di pemakaman Astana Gunung Sembung Kecematan Gunung Jati, dengan diantar secara adat keraton yakni ditandu dengan berjalan kaki dari Keraton Kanoman ke pemakaman. 
"Proses pemakaman,  jenazah ditandu menuju pemakaman Astana Gunung Sembung," Ujarnya
Dalam pengiringannya,  ada tujuh tandu dimana dalam tandu itu di dalamnya setiap satu tandu satu kauman/ulama membacakan surat Yasin dan doa-doa sampai lokasi pemakaman. 
"Ditandu, ulama-ulama/kaum, membacakan surat Yasin hingga lokasi pemakaman," tambahnya 
Kerabat Keraton menyampaikan permohonn maaf apabila selama hidup almarhumah terdapat kesalahan dan khilafan dalam bersosialisasi dengan rekanan dan warga.
"Semoga Husnul  khotimah,  saya mewakili keluarga,  memohon maaf apabila almarhumah selama hidupnya ada kesalahan baik sengaja maupun tidk sengaja, dan jasa beliau yang baik hingga kini diharapkan diteruskan dan di jaga," tandasnya

Post A Comment: