Pembangunan Sumber Daya Manusia Akan Memperkuat Pondasi Kebangkitan NasionalE satu.com (Crb) -Pembangunan sumber daya manusia menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini. Dengan sumber daya manusia yang unggul, maka pembangunan termasuk pengelolaan sumber kekayaan alam bisa dilakukan dengan berkualitas.
Hal tersebut diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara,  yang dibacakan oleh Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H Dedi Taufik, M.Si., pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tingkat Kota Cirebon di alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Senin, 21 Mei 2018.
“Pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi  kebangkitan nasional Indonesia dalam era digital. Itu yang menjadi tema peringatan hari kebangkitan nasional kita tahun ini,” ungkap Rudiantara.
Dijelaskan Rudiantara, di masa pergerakan bersatu menjadi kata kunci untuk menggapai cita-cita yang mulai, yaitu kemerdekaan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaiamana dengan berkumpul dan beroorganiasi tanpa melihat asal muasalnya, primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar kemerdekaan Indonesia. “Boedi Oetomo juga menjadi salah satu penanda utama bahwa Bangsa Indonesia pertama kalinya menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan,” ungkap Rudiantara.
Sekarang, setelah 110 tahun berlalu, bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya. Rakyat telah menikmati hasil perjuangan berupa perekonomian, kesehatan, pendidikan dan lainnya yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun semua pembangunan yang dilakukan saat ini menurut Rudiantara tidak akan berhasil jika tidak ditopang dengan sumber daya manusia yang unggul dan  berkualitas. “Butir kelima Nawacita berisi visi dan misi untuk meningkatkan kuallitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan”.
Saat ini, lanjut Rudiantara, merupakan era yang menuntut  kita untuk tidak buang-buang waktu demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. “Kita tidak perlu buang-buang energi untuk bertikai dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia,” ungkap Rudiantara. Jika kita sepenuhnya berhasil membangun sumber daya manusia yang unggul dari 260 an juta lebih penduduk negeri negeri ini, apalagi jika terhimpun dalam ide nasionalisme yang sama maka kejayaan bangsa Indonesia akan tercapai.
Sementara itu Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H Dedi Taufik, M.Si, mengungkapkan saat ini Kota Cirebon sudah masuk kategori smart city. “Ini poin penting menurut saya untuk memperkuat pondasi kebangkitan nasional,” ungkap Dedi. Smart city ini, lanjut Dedi, harus ditopang oleh sumber daya manusia yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
Namun yang penting lagi, kesiapan SDM yang mengedepankan budi pekerti. “Ini penting, karena banyak sekarang menggunakan teknologi tapi tidak pada tempatnya,” kata Dedi.  

Post A Comment: