Rumdin Walikota Cirebon Jadi Destinasi Wisata Baru
E satu.com (Crb)-Seorang anak lelaki berdiri di depan pintu Gerbang Masjid Sang Cipta Rasa.Dengan antusias sang ayah menjepretkan kamera telefon ke sang anak yang tengah bergaya sambil mengangkat sebelah kaki dan tangannya di depan pintu gerbang masjid Sang Cipta Rasa.
Di sisi lain, seorang remaja wanita menggunakan celana panjang training dan kaos olahraga berfoto di depan seorang penari topeng kelana. Ada pula remaja lainnya yang berfoto di depan kereta Singabarong. Tidak hanya itu, terdapat pula Pelabuhan Cirebon, Goa Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Makam Sunan Gunung Jati, Tari Sintren, Kisah Baridin dan Ratminah, Kebun Binatang dan Kisah Dilan 1990. Semuanya terdapat di satu tempat, rumah dinas Wali Kota Cirebon.
Ya, kini rumah dinas pimpinan tertinggi di Kota Cirebon tersebut lebih berwarna dengan keberadaan seni mural yang menggambarkan kekayaan budaya dan wisata yang dimilikinya. Kewarnaan ditambah dengan dibukanya rumah dinas tersebut  setiap minggu atau setiap pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon untuk masyarakat umum. “Selama ini masyarakat merasa segan berkunjung ke rumah dinas pemimpinnya,” ungkap Pj Wali Kota Cirebon. Dr. H. Dedi Taufik, M.Si, Minggu, 13 Mei 2018. Karena itu, dirinya pun bertekat untuk bisa mendekatkan diri dengan masyarakat Kota Cirebon.
Salah satu caranya, dengan membuka rumah dinasnya untuk masyarakat umum. Keberadaan seni mural yang tergambar di sejumlah tembok rumah dinas tersebut tidak lain untuk untuk membuat nyaman warga yang berkunjung ke rumah dinas tersebut. “Silahkan selfie, foto disini,” ungkap Dedi. Dengan begitu warga pun tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata. “Cukup berwisata ke rumah dinas, rasa senang mereka sudah terpenuhi,” ungkap Dedi. Seni mural itu dibuat oleh seniman-seniman yang ada di Kota Cirebon.
Desti, seorang pengunjung pun menyambut baik dibukanya rumah dinas wali kota untuk warga biasa. “Kapan lagi kami bisa masuk ke rumah walikota,” ungkapnya. Keberadaan seni mural yang menggambarkan budaya dan wisata di Kota Cirebon pun sangat indah. Bahkan menurut Desti benar-benar terlihat seperti aslinya sehingga ia pun sempat berfoto bersama teman-temannya di berbagai obyek. “Lukisannya bagus-bagus, keren juga. Yang penting, kekinian banget. Juga ada lukisan dilan. Jadi ga usah jauh-jauh nyari tempat selfie,” ungkap Desti gembira.
Perlu diketahui bagi masyarakat Kota Cirebon yang ingin mengunjungi tempat wisata terbaru yang kekinian di Kota Cirebon datang langsung ke Rumah Dinas Wali Kota dibuka setiap car free day mulai pukul 07.00 hingga pukul 09.00 WIB.

Post A Comment: