Tarung Derajat Kembali  Bangkit Untuk Mencetak Prestasi Di Kota Cirebon
E satu.com (Crb) - Kota Cirebon bangga atas kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan milad Tarung Derajat ke 46. Kegiatan milad dirangkaikan dengan kejuaraan pelajar selama tiga hari di Kota Cirebon.
“Kami bangga atas kepercayaan yang diberikan perguruan pusat dan pengurus Provinsi Kodrat Jawa Barat kepada Kota Cirebon untuk menjadi tuan rumah milad ke 46,” ungkap Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si, Jumat, 13 Juli 2018. Dedi berharap kesempatan ini juga bisa dijadikan sebagai momentum kebangkitan prestasi Tarung Derajat di Kota Cirebon.
Ditambahkan Dedi sebagai bagian dari masyarakat Jawa Barat, tentu sangat bangga dengan Tarung Derajat. “Karena ini bela diri asli Indonesia, buah pemikiran dan perjalanan hidup dari seorang putra bangsa, yaitu Drs. Guru Haji Achmad Drajat yang juga asli putra Jawa Barat,” ungkap Dedi. Karena itu Dedi mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk bersama-sama menjaga dan mencintai olahraga bela diri tersebut. “Banyak manfaat yang didapatkan,” ungkap Dedi. Karena Tarung Derajat tidak hanya melatih kekuatan fisik, namun juga mengedepankan nilai-nilai luhur dalam menjalani hidup dan kehidupan.
Selanjutnya Dedi juga mengucapkan selamat bertanding kepada atlet-atlet usia dini. Melalui kejuaraan ini diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit atlet baru di usia dini. Sehingga nantinya bisa membawa nama harum olahraga di Kota Cirebon maupun di tingkat nasional. Pembukaan kejuaraan pelajar ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Wali Kota Cirebon yang dilanjutkan dengan pembacaan ikrar janji atlet dan wasit.
Ketua penyelenggara kejuaraan Tarung Derajat Kota Cirebon, Jafarudin, mengungkapkan jika kejuaraan ini diikuti oleh 120 atlet usia dini dan 175 atlet tingkat SMP yang berasal dari seluruh wilayah di Jawa Barat. “Yang dipertandingkan sebanyak 29 kategori,” ungkap Jafarudin. Baik itu tarung bebas maupun seni gerak. Melalui kompetisi ini, Jafarudin juga berharap bisa meningkatkan kecintaan dan minat pelajar untuk mengikuti kegiatan olahraga tarung derajat di Jawa Barat.
Sementara itu sang guru Tarung Derajat, Guru H. Achmad Drajat, mengungkapkan jika milad kali ini sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi mereka. “Apa yang sudah kami lakukan dan apa yang akan kami lakukan di masa depan untuk kemajuan kita semua,” kata Achmad Drajat. Saat ini, lanjut Drajat, sudah semakin banyak pecinta Tarung Derajat, termasuk di Kota Cirebon. Bahkan yang menyukainya para orangtua yang akhirnya meminta anak-anak mereka untuk berlatih tarung derajat. “Tarung derajat memang keras, tapi tidak kasar,” kata Achmad. Tujuannya tidak lain untuk disiplin.

Post A Comment: