Pasar Harjamukti habis terbakar E satu.com - Pasar Harjamukti terbakar akibat konsleting pada gardu listrik  puluhan lapak pedagang kaki lima di Pasar Kalitanjung Kota Cirebon, ludes dilalap oleh si jago merah, Kamis (18/10/2018).
Akibat dri kebakaran itu puluhan.kios habis terbakar serta sebuah mobil sedan jenis Honda yang sedang terparkir pun ludes terbakar.
Kejadian tersebut mengakibatkan warga yang sedang ada di lokasi menjadi panik dan mulai menjauhi titik api.
Tak berselang lama, sekitar 5 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran datang dan langsung melakukan upaya pemadaman.
10 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan
Menurut Kasi Kesiapsiagaan, Operasi, dan Investigasi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Ahmad Wahyudi, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 WIB yang diakibatkan oleh korsleting di tiang gardu listrik. Api semakin melebar dan membakar beberapa lapak, karena kebanyakan lapak terbuat dari bahan yang mudah terbakar, seperti kayu.
“Kami langsung sigap ke sini dan berusaha memadamkan api,” jelasnya saat ditemui di lokasi.l
Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api di wilayah Pasar Kalitanjung. 10 mobil pemadam kebakaran tersebut terdiri dari 6 unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, 1 unit dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten
Cirebon, 1 unit water Canon dari Polres Cirebon Kota, 1 unit dari Arida, dan 1 unit dari Pelindo.
Pasar Harjamukti ludes dilalap si jago merahAhmad menambahkan, PLN juga cepat tanggap dengan langsung mematikan aliran listrik di wilayah tersebut. Sehingga, upaya pendinginan bisa dengan mudah dilaksanakan. Meskipun begitu, masih terlihat adanya asap di travo tiang gardu tersebut.
Di saat sedang melakukan upaya pendinginan, tiba-tiba muncul percikan api di deretan ruko yang terletak berseberangan dengan lapak yang terbakar. Sontak kejadian tersebut membuat warga yang sedang menonton, menjadi panik dan bergerombol menjauhi ruko. Pedagang ruko pun terpaksa menutup  dagangannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Para petugas pemadaman
kemudian langsung sigap untuk memadamkan.
Diduga kejadian di ruko tersebut diakibatkan oleh percikan api yang ada di lapak, terbawa angin dan mendarat di ruko seberang. Apalagi, kabel listrik di ruko tersebut berasal dari gardu listrik yang terbakar.
Hingga kini , petugas masih melakukan upaya pendinginan di tempat-tempat yang terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Yang ada hanyalah kerugian materil yang masih belum diketahui jumlahnya.
“Kami masih menyelidiki lebih lanjut lagi setelah ini,” pungkas Ahmad..(NM)

Post A Comment: