Kapolres Cirebon PimpinTim Satgas Pangan Cek Harga Pasar Mengantispasi Lonjakan Harga Jelang Natal Dan Tahun Baru E satu.com (Crb)  – Jelang Natal dan Tahun Baru , tim satgas pangan yang dipimpin Ketua Satgas AKBP Suhermanto Kapolres Cirebon bersama Kadis Perindustrian dan Perdagangan serta Bulog Sub Divre Cirebon, melakukan sidak ke ke pasar tradisional  guna mengantisipasi lonjakan harga .Sumber, Kamis (13/12).
Tim satgas pangan melakukan sidak dengan mendatangi beberapa lapak mulai dari pedagang sembako ,pedagang sayuran hingga pedagang daging, rombongan juga berbincang dengan beberapa pedagang lainnya tentang stok kesediaan bahan pokok.
Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyatakan, kondisi harga pangan cenderung stabil. “Tidak ada kenaikan harga secara signifikan,” jelasnya
Dijelaskan, pengecekan dilakukan karena menjelang libur panjang akhir tahun “Biasanya ada kenaikan harga sembako. Tapi hasil pengecekan tadi tidak ada kenaikan yang drastis, hanya ada kenaikan yang masih dianggap wajar,” paparnya.
Pihaknya akan terus memonitor kondisi harga pangan di pasar-pasar tradisional. Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya akan menindak tegas.
Kapolres Cirebon PimpinTim Satgas Pangan Cek Harga Pasar Mengantispasi Lonjakan Harga Jelang Natal Dan Tahun Baru “Kami akan menindak tegas apabila ditemukan pelanggaran seperti upaya mempermainkan harga dan penimbunan sembako. Tim satgas pangan akan menelusuri distributornya dan tetap menelusuri sampai pelaksanaan libur tahun baru,” jelasnya.
Ditambahkan Kapolres, kalau terjadi kenaikan karena mekanisme pasar, boleh saja. “Namun apabila ada indikasi manipulasi atau monopoli, kita akan melakukan penyelidikan,” tegasnya.
Hal terpenting dalam pengecekan ini terkait tingkat kesehatan dari harga pangan itu sendiri. Dalam pengecekan yang dilakukan, pihaknya menyatakan tidak ada temuan yang mengarah ke pencampuran zat berbahaya.
“Paling penting itu tingkat kesehatan makanan. Tadi ngecek sampel ayam, daging ikan, bakso yang paling penting harus halal. Kedua, harus terbebas dari campuran,” pungkasnya.
Kadisperindag Kabupaten Cirebon Deni Agustin, mengatakan pihaknya setelah melakukan pengecekan harga dengan tim satgas pangan juga menyatakan tidak ada kenaikan harga yang drastis. Jika ada kenaikan masih dalam batas wajar.
Untuk stok sembako sampai awal tahun 2019 dinyatakan aman. Bulog juga menyatakan aman. Tidak hanya ke pasar tradisional, pihaknya juga akan sidak harga ke pasar modern, sekaligus mengecek tanggal kadaluarsa produk makanan kemasan.
Masih menurut Deni, selain ke pasar modern, tim satgas pangan akan mengecek ke beberapa gudang distributor dan toko agar tidak ada barang timbunan, ungkapnya.(NM)

Post A Comment: