BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Dave Sosialisasikan BKSAP Di kalangan Mahasiswa Cirebon
E satu.com (CRB) - Badan Kerja Sama  Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI bersama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cirebon menggelar seminar bertema 'Peran Diplomasi Parlemen untuk Memenangkan Persaingan Global dan Regional'. Dilalsanakan dikampus STIE Cirebon Jalan Sriwijaya.Senin (21/01/2019)
Acara tersebut merupakan upaya Dewan Perwakilan Rakyat mensosialisasikan peran diplomasi DPR di lingkungan akademik.
"Acara ini sudah menjadi agenda BKSAP. Kami ingin mengenalkan ke publik bahwa DPR tidak sekadar urusan legislasi, pengawasan dan anggaran. DPR juga memerankan fungsi diplomasi," ujar Dave
Dalam forum tersebut,  politisi golkar  memaparkan ihwal BKSAP sebagai vocal point diplomasi DPR. Menurutnya, masih sedikit yang mengenal BKSAP sebagai ujung tombak diplomasi parlemen Indonesia. Bahkan kalangan akademik pun belum banyak menggali perihal diplomasi parlemen.
Dave Sosialisasikan BKSAP Di kalangan Mahasiswa Cirebon "Acara seperti ini merupakan momentum memperkenalkan tupoksi BKSAP. Sederhananya, kami ingin publik mengetahui bahwa kunjungan DPR ke luar negeri jangan selalu dimaknai negatif, tapi kami bekerja untuk membangun citra positif dan menjaga national interest kita," papar dave
Anggota Komisi VI tersebut juga menambahkan,  melalui berbagai forum parlemen baik regional seperti Asean Inter Parliamentary Assembly (AIPA) atau global seperti Inter Parliamntary  Union (IPU) BKSAP selalu aktif menyuarakan kepentingan masyarakat Indonesia.
"Sebagai voice of people, diplomasi DPR sedikit berbeda dengan diplomasi pemerintah. Sebagai track 2 diplomacy, diplomasi kami lebih fleksibel dan lebih berani.  Kami secara leluasa mengajukan draf resolusi  terkait isu perlindungan migrant worker di Asian Parliamentary Assembly (APA).
Dave Sosialisasikan BKSAP Di kalangan Mahasiswa Cirebon Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat dapil 8 itu mengingatkan bahwa posisi diplomasi DPR secara prinsip bersinergi dengan pemerintah. "Kami memiliki Panja Kerja Sama Ekonomi Regional dan Panja SDGs. Kami berdiplomasi untuk mendukung pemerintah agar bisa memenangkan persaingan kawasan dan global. Kami berikhtiar agar kita bisa memanfaatkan MEA untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Melalui SDGs, kita ingin daya saing kita meningkat. Kami banyak melakukan kunjungan bilateral ke banyak negara dan kami sampaikan kepentingan-kepentingan Indonesia," pungkas dave
Seminar berlangsung interaktif dan dihadiri ratusan mahasiswa dan Akademisi utamanya dari Prodi Hubungan Internasional.(Pgh)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top