Rapat Koordinasi Evaluasi  Pengamananan Sidang Pleno Pileg Dan Pilpres 2018
E satu.com ( Crb) - Pemilu telah berjalan dengan baik di Kota Cirebon. Sejumlah evaluasi dibutuhkan agar pelaksanaan pemilu tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Sidang Pleno Pileg dan Pilpres KPU Kota Cirebon di kantor KPU Kota Cirebon, Rabu, 1 Mei 2019.

“Pemilu di Kota Cirebon sudah berlangsung dengan baik,” ungkap Azis.

Petugas di bidang kepemiluan juga telah menjalankan tugas mereka dengan baik. Selain itu juga tidak ada permasalahan khusus yang ditimbulkan dari pelaksanaan pemilu di Kota Cirebon.

“Ini membuktikan jika masyarakat Kota Cirebon telah memiliki kedewasaan dalam menjalankan dan memaknai demokrasi,” ungkap Azis.

Hanya ada sejumlah evaluasi yang harus dilakukan, khususnya agar pemilu ini tidak sampai memakan korban jiwa.

“Pemilu 2019 ini telah melampaui batas kemampuan masyarakat, khususnya panitia pemilu,” ungkap Azis.

Mereka harus bekerja lebih dari 24 jam sehingga banyak yang mengalami keletihan, sakit bahkan tidak sedikit yang meninggal dunia. “Ini harus jadi kajian agar 5 tahun mendatang tidak terulang lagi,” ungkap Azis.

Sementara itu ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi, ,mengungkapkan jika mereka akan menyelenggarakan sidang pleno pileg dan pilpres pada Jumat, 3 Mei 2019 mendatang.

“Rakor tadi membahas mengenai persiapan pengamanan untuk sidang pleno nanti,” ungkap Didi.

Rapat Koordinasi Evaluasi  Pengamananan Sidang Pleno Pileg Dan Pilpres 2018 Sidang pleno pileg dan pilpres di tingkat KPU digelar karena penghitungan suara di tingkat kecamatan di Kota Cirebon sudah selesai digelar. Sesuai dengan aturan, dilanjutkan dengan di tingkat kota, yaitu di KPU Kota Cirebon.

“esok rakor juga akan kami gelar lagi, namun untuk membahas kesiapan teknis sidang pleno. Kalau rakor tadi lebih ke pengamanan,” ungkap Didi.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengungkapkan jika mereka juga telah menyiapkan tenaga pengamanan untuk sidang pleno yang akan digelar beberapa hari ke depan.

Sekitar 430 personil gabungan disiapkan untuk pengamanan. Selanjutnya Roland juga meminta kepada para caleg agar juga bisa menjaga kondusivitas keamanan yang sudah terjaga dengan baik di Kota Cirebon. ( Nm)

Post A Comment:

0 comments: