Satgas Pangan Pastikan Tidak Ada Kenaikan harga Jelang Nataru Di Kota Cirebon
E satu.com  ( Cirebon ) - Secara keseluruhan, harga pangan di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon dalam kondisi stabil. Kenaikan hanya terjadi pada bawang merah dan cabai yang dipengaruhi oleh musim penghujan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nasrudin Azis, SH., usai melakukan monitoring di dua pasar masing-masing Pasar Pagi dan Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Selasa, 24 Desember 2019.

“Rata-rata harga stabil. Tidak ada lonjakan yang berarti,” ungkap Azis. Termasuk beras yang harganya juga stabil, sekalipun saat ini petani baru memulai masa tanamnya.

“Karena adanya kios milik Bulog di setiap pasar. Jadi pasokan beras lancar, harganya juga stabil,” ungkap Azis.

Harga telur ayam dan ayam potong menurut Azis juga masih normal. Kenaikan cukup signifikan hanya terjadi pada komoditas bawang dan cabai merah. “Bawang merah naik Rp 10 ribu hingga 12 ribu sedangkan cabai merah naik Rp 10 ribu,” ungkap Azis.

Kenaikan ini dipengaruhi oleh faktor iklim. Dimana saat ini tengah musim penghujan sehingga pasokannya menjadi sulit. “Tapi saya juga dapatkan kepastian jika nanti pasokan akan kembali normal tidak lama lagi,” ungkap Azis.

Pada kesempatan itu, walikota yang didampingi oleh Kapolres Cirebon Kota juga membeli beras di Pasar Pagi dan telur hingga Rp 100 ribu di Pasar Kanoman.

Satgas Pangan Pastikan Tidak Ada Kenaikan harga Jelang Nataru Di Kota CirebonAzis juga memastikan jika Pemda Kota Cirebon terus melakukan pengawasan dengan instansi terkait lainnya. Dengan begitu diharapkan tidak akan terjadi lonjakan harga yang terlalu tinggi di libur natal dan tahun baru ini.

“Saya juga bersyukur, situasi keamanan di Kota Cirebon terjaga dengan baik,” ungkap Azis.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, mengungkapkan jika peningkatan harga memang terjadi pada komoditas bawang dan cabai merah. “Namun kenaikannya masih taraf wajar,” ungkap Roland.

Pihaknya lanjut Roland akan terus melakukan pemantauan sehingga jika terjadi indikasi peningkatan melalui satgas pangan mereka akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk melakukan operasi pasar. ( naim) 

Post A Comment:

0 comments: