E satu.com (Indramayu)
- Dorong Penguatan Petani Berdiri di Kaki Sendiri (Berdikari), Calon Bupati Paslon Nomor 4, Nina Agustina beri bibit Melon Cantalope (Melon Jepang, red) secara gratis. Bibit itu salah satunya diberikan langsung kepada para petani di kecamatan Sliyeg Indramayu.

Hal itu diungkapan saat berkunjung pada penanaman bibit Melon Cantalope di desa Sleman Kidul kecamatan Sliyeg kabupaten Indramayu (15/11/2020). Hadir juga anggota komisi IV DPR RI Ono Surono, Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu H Sirojudin, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Indramayu H Abdul Rohman, Ketua DPC NasDem Indramayu H Eryani Sulam, dan beberapa relawan.

"Tadi Bibit itu kita berikan langsung kepada petani di desa sleman kidul dan menanamnya secara bersama sama sebagai simbolis," ucap Nina.

Ia menuturkan, Penanaman bibit melon tersebut bukan hanya dilakukan sekarang saja melainkan sudah beberapa titik di kabupaten indramayu yang mana diharapkan petani berdikari itu sendiri tersebar merata di kabupaten indramayu.

"Bagaimanapun petani berdikari itu harus tumbuh di setiap desa, begitupun di kabupaten Indramayu," ungkapnya.

Selain pemberian bibit secara gratis, tak lupa pihaknya pun sebelum pemberian bibit tersebut juga petani diberikan pelatihan oleh ahli nya sehingga tentunya ketika selesai pelatihan hasil yang diperoleh baik.

"Sebelum pemberian bibit ini (melon cantaloupe, red), kita juga berikan pelatihan selama beberapa hari oleh ahli nya sehingga tentunya hasil yang diperoleh pun baik," tukasnya

Salah satu petani yang sudah pernah mendapat bibit gratis beserta pelatihannya, Pa Daryadi mengaku melon yang telah dipanennya memang diakui hasilnya sangat bagus.

"Jauh pisan sama melon biasanya, lebih manis dan lebih cantik tuh diliatnya," pungkasnya

Diakui olehnya memang hasil panen kemarin tak sempat dipasarkan karena berbagi dengan tetangga sekitar rumahnya namun sempet ada yang nawarin diatas rata-rata melon biasa.

"Ada sih sempet yang nawarin mendekati sepuluh ribuan tapi saya ga ambil karena memang niatnya berbagi dengan tetangga kalau panen," imbuhnya. 

Hal yang sama disampaikan salah satu tokoh pemuda asal desa Sleman, Sodikin, ia menyampaikan harapan para petani agar bisa diperhatikan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

"Para petani agar bisa berkembang dan mendapatkan bantuan sesuai program pemerintah sehingga masyarakat petani bisa merasakan hasilnya," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV yang membidangi masalah pertanian, Ono Surono menegaskan, terkait sektor pertanian, menurut Ono, khususnya untuk kabupaten Indramayu memang masih perlu pembenahan, terutama terkait dukugnan pemerintah daerah.

"Nanti kita akan support dari pusat, soal pertanian ini, Indonesia juga sedang fokus karena dalam rangka kedaulatan pangan nasional. Banyak program-program yang sudah diberikan di Indramayu secara langsung, tinggal nanti bagaimana adanya integritas antara pemerintah pusat dan daerah," tandas Ono.(iwan/wn)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top